News Sabtu, 19 Oktober 2024 | 10:10

Pelantikan Prabowo-Gibran: 1.100 Tamu Akan Hadiri Sidang Paripurna

Lihat Foto Pelantikan Prabowo-Gibran: 1.100 Tamu Akan Hadiri Sidang Paripurna Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pemilu 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Kompas TV)

Jakarta – Minggu, 20 Oktober 2024 mendatang, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di Gedung DPR/MPR. 

Proses pelantikan ini akan dihadiri oleh 1.100 tamu undangan, termasuk 732 anggota MPR serta tamu-tamu kehormatan lainnya.

Plt Sekjen MPR, Siti Fauziah, mengungkapkan bahwa persiapan terus dilakukan, termasuk geladi kotor yang saat ini tengah berlangsung. 

"Jumlah undangan pasti adalah anggota MPR sebanyak 732 orang, ditambah tamu-tamu lainnya, sehingga total sekitar 1.100 orang akan berada di ruang sidang paripurna," ujar Siti pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Meskipun jumlah tamu undangan sudah dipastikan, Siti mengakui bahwa pihaknya masih menunggu konfirmasi mengenai kehadiran tamu-tamu dari negara lain. 

"Jumlah tamu negara masih dalam proses konfirmasi karena situasinya dinamis, bisa berubah hingga nanti malam," jelasnya.

Siti juga menambahkan bahwa beberapa penyesuaian dilakukan selama geladi kotor, khususnya dalam penjemputan tamu VVIP dan kepala negara. 

"Tadi kita melihat ada perubahan dalam penjemputan tamu dari drop off ke ruang sidang, yang sebelumnya tidak sesuai dengan rencana awal," ungkap Siti.

Geladi bersih dijadwalkan akan berlangsung pada Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 10.00 WIB, dan akan disaksikan langsung oleh sembilan pimpinan MPR RI. 

"Besok geladi bersih akan kita laksanakan, dan Insya Allah akan disaksikan oleh pimpinan MPR," tutup Siti.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya