News Kamis, 19 Mei 2022 | 11:05

Pelari Kelahiran Dairi, Odekta Elvina Naibaho Raih Emas di SEA Games 2021

Lihat Foto Pelari Kelahiran Dairi, Odekta Elvina Naibaho Raih Emas di SEA Games 2021 Odekta Elvina Naibaho. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Odekta Elvina Naibaho, pelari kelahiran Desa Soban, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara, menyumbang medali emas dari nomor marathon putri SEA Games 2021 Vietnam pada Kamis, 19 Mei 2022. 

Odekta menjadi yang tercepat dalam lomba yang digelar di sekitar Hanoi National Sports Complex, Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam.

Dia meraih emas dengan catatan waktu 2 jam 55 menit 27 detik.

Odekta tersungkur saat tiba di garis finish. Merebahkan diri ke lintasan. Sempat mengalami kram pada kedua kakinya. 

Setelah dipapah oleh tim medis, Odekta sempat mual-mual, namun kondisinya membaik, seperti dilansir dari tempo.co.

Odekta kemudian mendapat pelukan hangat dari teman-temannya para atlet cabang atletik. Dia mulai menangis ketika pelari Emilia Nova memeluknya.

Baca juga:

SEA Games 2021: Gagal di Nomor Estafet, Zohri Minta Didoakan di 100 Meter

Tangis Odekta pecah ketika dia menghampiri pelatihnya dan semakin menjadi ketika dia menunjukkan kertas yang bertuliskan, “Akhirnya… Impianku selama ini terwujud mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia. Terima kasih Ayah Ibu atas doa restumu”.

Odekta Elvina Naibaho dalam balutan Ulos. (Foto: Facebook)

Raihan ini seperti membalas kegagalan Odekta pada SEA Games 2019 Filipina. Kala itu Odekta yang memimpin perlombaan sejak awal terjatuh sekitar 600 meter jelang finis dan tak bisa melanjutkan perlombaan.

Ini menjadi emas kedua dari cabang olahraga atletik. Sebelumnya, Eki Febri Ekawati meraih emas dalam nomor tolak peluru, Selasa, 17 Mei 2022.

Medali emas yang diraih Odekta Elvina Naibaho menjadi yang ke-37 yang diraih Indonesia di SEA Games Vietnam ini. 

Kini Indonesia naik ke posisi keempat klasemen. Jumlah emas sama dengan Singapura tapi unggul dalam perolehan perak (49 berbanding 40). []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya