Daerah Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:08

Peluncuran Uang Kertas Baru, Sekda Kota Cirebon: Semoga Meningkatkan Kecintaan Terhadap Rupiah

Lihat Foto Peluncuran Uang Kertas Baru, Sekda Kota Cirebon: Semoga Meningkatkan Kecintaan Terhadap Rupiah Uang kertas baru emisi 2022. (Foto: Opsi/Bank Indonesia).
Editor: Yohanes Charles

Cirebon – Uang kertas baru emisi 2022 diluncurkan. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon berharap masyarakat bisa meningkatkan kecintaan terhadap uang rupiah.

Saat menghadiri peresmian peluncuran uang rupiah kertas tahun emisi 2022 di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon, Kamis 18 Agustus 2022, Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi berharap dengan uang kertas baru dapat meningkatkan pemahaman, kecintaan dan kebanggan masyarakat terhadap rupiah.

“Karena rupiah merupakan jati diri dan bukti kedaulatan bangsa Indonesia,” ungkap Agus.

Dengan peluncuran uang rupiah kertas baru ini Agus berharap dapat mendukung program yang tengah digencarkan oleh Bank Indonesia saat ini. “Yaitu gerakan Cinta, Bangga dan Paham (CBP) terhadap rupiah,” harap Agus.

Baca juga: Alfamart yang Viral di Tangerang akibat Pencurian Kini Ramai Pengunjung

Sebagai bentuk kecintaan dan kebanggaan terhadap rupiah, Agus meminta kepada masyarakat untuk memperlakukan uang rupiah yang dimiliki dengan baik. Mulai dari tidak mencoret, tidak melipat maupun tidak menstaples uang yang dimiliki.

Selanjutnya Agus juga menjadi orang pertama yang memiliki uang emisi 2022 di wilayah Ciayumajakuning. Uang rupiah kertas baru akan diedarkan mulai besok, Jumat 19 Agustus 2022.

Sedangkan Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon, Hestu Wibowo, menjelaskan secara nasional uang emisi 2022 diluncurkan pada momen HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu 17 Agustus 2022 kemarin.

“Terdapat tujuh pecahan uang kertas yang diluncurkan, di antaranya, Rp 1 ribu, Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, Rp 20 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 100 ribu,” tuturnya.

Baca juga: Peserta Jamnas XI Dilatih Internet Sehat

Hestu menambahkan, BI secara berkala mengeluarkan uang baru. Uang kertas yang beredar saat ini merupakan uang emisi 2016 yang terakhir dikeluarkan BI. “Tahun ini baru dikeluarkan kembali uang emisi baru,” kata Hestu.

Namun peluncuran uang emisi 2022 tersebut tidak serta merta membuat uang emisi tahun-tahun sebelumnya tidak berlaku sebagai alat pembayaran.

Uang rupiah kertas baru emisi 2022 memiliki sejumlah kelebihan. Diantaranya desain yang lebih mudah dikenali, dilakukan peningkatan keamanan agar tidak mudah dipalsukan dan peningkatan daya tahan agar tidak cepat lusuh dan rusak. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya