News Sabtu, 22 Oktober 2022 | 13:10

Pembangunan IKN, Menteri PUPR: Kita Ingin Hasilkan Karya Infrastruktur Berkualitas

Lihat Foto Pembangunan IKN, Menteri PUPR: Kita Ingin Hasilkan Karya Infrastruktur Berkualitas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Kementerian PUPR)

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku ingin menghasilkan karya infrastruktur berkualitas dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

"Saya ingin kita semua punya semangat yang kuat untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya. Kita ingin menghasilkan karya infrastruktur yang berkualitas yang memperhatikan lingkungan," kata Menteri Basuki seperti mengutip keterangannya di Jakarta, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Dia menegaskan, pembangunan IKN Nusantara merupakan sejarah baru untuk mewujudkan peradaban baru di Tanah Air.

"Saya ingin mengimplementasikan betul sejarah baru itu," ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah melalui Kementerian PUPR telah memulai pembangunan infrastruktur dasar mendukung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara, di Kalimantan Timur.

Pekerjaan prasarana dan sarana dasar yang disiapkan meliputi jalan dan jembatan, drainase, intake air baku, serta hunian bagi pekerja dan penyiapan lahan kawasan.

Pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dilaksanakan secara bertahap dengan mengusung konsep "Future Smart Forest City of Indonesia" sehingga tetap memperhatikan aspek lingkungan.

Pada tahap awal 2022-2024 pembangunan yang akan menjadi prioritas meliputi KIPP seluas 6.671 hektare. 

Kementerian PUPR telah memulai pembangunan fisik infrastruktur dasar di antaranya pembangunan bendungan, jalan kerja/logistik IKN, pembangunan Jalan Lingkar Sepaku, Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang - Kariangau, Kariangau - Simpang Tempadung, dan Simpang Tempadung - Jembatan Pulau Balang.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya