News Jum'at, 11 November 2022 | 13:11

Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara Akan Menjadi Sumber Pertumbuhan Baru

Lihat Foto Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara Akan Menjadi Sumber Pertumbuhan Baru Warga Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara diberikan pelatihan konstruksi oleh Kementerian PUPR. (ANTARA/Novi Abdi-Bagus Purwa)

Jakarta - Pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diyakini dapat mempercepat kesejahteraan di wilayah sekitarnya.

Demikian disampaikan oleh Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ketua Bidang Pelaksanaan Jasa Konstruksi Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Trisasongko Widianto menyebut proyek infrastruktur IKN merupakan sebuah proyek pembangunan yang sangat besar.

Pasalnya, kebutuhan pembiayaan pembangunan infrastruktur yang akan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR di IKN untuk tahun 2022-2024 mencapai kurang lebih sekitar Rp 43 triliun.

"Dengan nilai anggaran tersebut, pembangunan infrastruktur IKN akan menjadi sumber pertumbuhan baru yang selanjutnya akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan percepatan kesejahteraan di wilayah sekitar IKN," kata Trisasongko seperti dikutip, Jumat, 11 November 2022.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan melalui pemberdayaan tenaga kerja lokal, penggunaan produk-produk dalam negeri, UMKM di wilayah sekitar, dan masih banyak lagi manfaat ekonomi yang dirasakan.

Anggaran sekitar Rp 43 triliun ini akan digunakan untuk pembuatan embung dan pengendalian banjir, jalan, jalan tol, sumbu kebangsaan, hunian pekerja infrastruktur IKN dan pembangunan infrastruktur dasar IKN lainnya.

Ibu kota negara yang baru memiliki fungsi sentral dan menjadi simbol identitas nasional untuk mewujudkan jati diri bangsa serta negara, dan gambaran masa depan bangsa Indonesia.

"Pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan sejalan dengan upaya untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi lebih inklusif dan merata, salah satunya dengan membangun sebuah pusat gravitasi ekonomi baru di tengah Indonesia," ucap Trisasongko.

Sebelumnya, Kementerian PUPR mempersiapkan warga Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sebagai calon pekerja atau tenaga kerja proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan membekali pelatihan konstruksi.

Pelatihan calon tenaga kerja konstruksi proyek pembangunan IKN Nusantara yang diikuti 100 warga Kecamatan Sepaku tersebut merupakan pelatihan kedua yang diselenggarakan Kementerian PUPR,

Sedangkan pelatihan calon tenaga kerja konstruksi proyek pembangunan IKN Indonesia baru yang dilaksanakan pada pertengahan Agustus sampai awal September 2022 diikuti 200 peserta yang juga warga Kecamatan Sepaku.[] (Antara)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya