News Senin, 14 November 2022 | 13:11

Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Ganjar: Ada Spirit Kebangkitan Muslim

Lihat Foto Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Ganjar: Ada Spirit Kebangkitan Muslim Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan), Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan atau MBZ (tengah), dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri). (foto: Twitter/@ganjarpranowo).

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pembangunan Masjid Raya Sheikh Al Zayed di Solo, Jateng, tidak hanya sekadar menyoal persahabatan Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA).

"Pembangunan Sheikh Zayed Grand Mosque Solo ini bukan sekadar tentang persahabatan dua negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia," kata Ganjar dikutip dari akun Twitter-nya, Senin, 14 November 2022.

Dalam konteks ini Ganjar justru melihat ada kebangkitan muslim dan spirit moderasi umat Islam di Indonesia. 

"Tapi ada spirit moderasi dan kebangkitan kaum muslim yang kuat ibadahnya, kuat perekonomiannya, dan kuat intelektualitasnya. Terima kasih Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden UEA, Mohammad bin Zayed," tutur Ganjar.

Baca jugaPresiden Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Al Zayed di Surakarta

Ganjar pun menginformasikan, Masjid Raya Sheikh Al Zayed dibangun sejak 6 Maret 2021 lalu.

Kata dia, masjid ini memiliki luas 8.000 meter persegi dan mampu menampung 10.000 jamaah.

Baca juga: Pertemuan Bilateral Jokowi-Joe Biden Sebelum KTT G20 di Bali

Ganjar menambahkan, selain tempat salat, masjid ini juga memiliki sejumlah bangunan pendukung berupa Islamic Center, Taman Pendidikan Alquran, madrasah, dan tempat pengembangan ekonomi syariah yang menjual produk-produk masyarakat.

"Apalagi warganya Mas Walikota Gibran Rakabuming sangat kreatif. Pasti akan membuat masjid ini semakin nyenengke untuk dikunjungi," kata Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Al Zayed di Solo, Jawa Tengah, Senin, 14 November 2022. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya