Daerah Kamis, 07 Juli 2022 | 22:07

Pemda Kota Cirebon Mudahkan Pembayaran Pajak Melalui Online

Lihat Foto Pemda Kota Cirebon Mudahkan Pembayaran Pajak Melalui Online Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis. (Foto: Opsi/Charles).
Editor: Yohanes Charles

Cirebon – Pemda Kota Cirebon memberikan kemudahan kepada Wajib Pajak (WP). Kini WP bisa membayar pajak melalui virtual account yang disediakan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD). 

Wali Kota Cirebon, H. Nashrudin Azis mengatakan, WP kini bisa cukup melalui virtual account dalam pembayaran pajak. Inovasi ini semata-mata demi memberikan kemudahan bagi WP menunaikan pajak.

“Pembayaran pajak bisa dilakukan dimana pun, kapan pun dan di bank mana pun,” kata Azis usai peluncuran virtual account online, di Hotel Prima, Kamis 7 Juli 2022.

 Virtual account online, dikatakan Azis, merupakan bagian dari kebijakan Pemda Kota Cirebon menuju smart city. Dengan harapan, pengelolaan pajak daerah dapat berbasis teknologi yang andal dan transparan. 

“Virtual account merupakan salah satu implementasi dari program smart city Kota Cirebon,” ujarnya.

Guna mendukung transparansi dalam pengelolaan pajak daerah, BPKPD telah menyediakan website dan aplikasi. WP bisa memantau informasi pembayaran pajak daerah secara real time dan transparan. 

“Kami meminta masyarakat sama-sama melihat apakah pajak yang dibayarkan sudah sesuai atau tidak dengan yang ada di info pajak,” tuturnya.

Pemberlakuan virtual account bertujuan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Azis menambahkan, pajak yang dibayarkan oleh WP akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk program pembangunan pemerintah. 

“Selama ini, fasilitas publik yang dinikmati berasal dari pembayaran pajak. Oleh sebab itu kami mengajak WP membayar pajak secara taat dan tepat waktu,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPKPD Kota Cirebon, Syaroni meminta program ini didukung seluruh WP dan instansi terkait. Sebab, optimalisasi PAD bukan hanya tanggung jawab BPKPD, namun seluruh elemen masyarakat. 

“Kami mengajak bersama-sama mengoptimalkan penerimaan PAD melalui virtual account online,” katanya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada BJB Cabang Cirebon dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon yang telah berkolaborasi dan bekerja sama dengan baik. Khususnya dalam mengembangkan fitur-fitur pelayanan pembayaran pajak daerah di Kota Cirebon.

“Semoga hasil kolaborasi ini dapat terus meningkat di tahun-tahun mendatang dan menjadi inovasi terdepan dalam pembayaran pajak daerah berbasis digital,” tuturnya.

Selain launching virtual account, BPKPD juga membuka layanan Tax Gathering dan memberikan penghargaan bagi perangkat daerah dan WP berprestasi di Kota Cirebon. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya