Daerah Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:06

Pemda Kota Cirebon Raih Merdeka Award Kategori Inovasi Digital

Lihat Foto Pemda Kota Cirebon Raih Merdeka Award Kategori Inovasi Digital Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon Ma'ruf Nuryasa. (Foto: Opsi/DKIS Kota Cirebon)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon meraih penghargaan dengan kategori inovasi digital dalam Merdeka Award yang diselenggarakan oleh media massa Merdeka.com.

Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa, Kamis 23 Juni 2022 malam, di gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall Jakarta.

“Penghargaan ini diberikan karena Pemda Kota Cirebon karena memiliki beberapa program digital, misalnya 112 Cirebon Siaga, Cirebon Satu Data, Cirebon Wistakon hingga berkolaborasi dengan media massa,” ungkap Ma’ruf.

Ma’ruf berharap, dengan penghargaan ini bisa menambah semangat Pemda Kota Cirebon untuk terus berinovasi. 

“Penghargaan ini bagian dari apresiasi yang telah dicapai pemerintah daerah dan jangan berhenti untuk berinovasi,” ujarnya.

Usai meraih penghargaan ini, kata Maruf, pihaknya berencana akan menyelenggarakan focus group discussion (FGD). Kegiatan itu sebagai review master plan atas program smart city.

“Melalui FGD nanti, kita undang elemen masyarakat, perguruan tinggi, komunitas dan stakeholder lainnya. Tujuannya menyerap masukan dan saran yang dibutuhkan dalam pengembangan program smart city,” tuturnya.

Baca juga:

Ulang Tahun Almarhum Eril, Ridwan Kamil Ajak Pemuda Tebar Kebaikan

Pemkab Cirebon Bantu Warga Disabilitas Berat

Kemudian dalam FGD tersebut, tambah Maruf, termasuk akan mengevaluasi program digital yang sudah ada agar bisa menyesuaikan dengan kondisi terkini.

“Pada saat kasus Covid-19 yang lalu, beberapa program smart city juga tertunda. Makanya program digital perlu menyesuaikan pascapandemi agar lebih dinamis,” katanya.

Pihaknya berharap, upaya Pemda Kota Cirebon untuk mengelola sumber daya secara efektif, efisien, terintegrasi dan berkelanjutan ini bisa berjalan lancar.

“Apabila seluruh program Pemda Kota Cirebon sudah terkelola dengan baik, maka kesejahteraan masyarakat juga bisa lebih meningkat,” katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya