News Selasa, 28 Desember 2021 | 08:12

Pemerintah Akan Terapkan Micro Lockdown di Lima Daerah Ini Selama Libur Nataru

Lihat Foto Pemerintah Akan Terapkan Micro Lockdown di Lima Daerah Ini Selama Libur Nataru Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. (Foto: Opsi/Pixabay).
Editor: Yohanes Charles

Jakarta - Pemerintah menerapkan kebijakan micro lockdown di lima provinsi imbas penyebaran Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebutkan lima provinsi tersebut merupakan daerah tujuan wisata yang ramai dikunjungi terutama di saat liburan.

"Kelima daerah tersebut yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, dan Lombok," kata Tito di Kantor Kemendagri Jakarta Senin 27 Desember 2021.

Menurut mantan Kapolri ini, micro lockdown dipilih pemerintah guna mencegah terjadinya penularan lokal Omicron.

Penerapan micro lockdown lanjut Tito, nantinya dilaksanakan hingga tingkat RT. Pembatasan dilakukan dan diawasi oleh masyarakat setempat.

Satgas di tingkat kecamatan hingga RT akan memantau perkembangan pandemi di daerah masing-masing. Mereka juga yang akan membantu warga yang terindikasi positif Covid-19. 

Satgas tersebut juga berwenang menerapkan lockdown di daerah masing-masing. Mereka diminta berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Kalau di kampung itu (kasus melonjak), ya kampung itu saja (di-lockdown). Nanti dibantu bansos segala macam sekalian melakukan treatment kepada mereka," ujar Tito. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya