News Rabu, 05 Juli 2023 | 21:07

Pemerintah Liuzhou China Gelar Business Matching Bersama Kadin

Lihat Foto Pemerintah Liuzhou China Gelar Business Matching Bersama Kadin Peserta pertemuan di Hotel Shangrila Jakarta, pada Rabu, 5 Juli 2023. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pemerintah Liuzhou, China bersama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bertempat di Hotel Shangrila Jakarta, menggelar business matching pada Rabu, 5 Juli 2023.

Ini adalah pertemuan yang terjadwal antara pelaku bisnis dengan calon mitra distribusi, calon mitra supplier, calon mitra pendanaan serta calon investor.

Menurut Direktur kerja sama regional dan multilateral Kementerian Investasi BKPM Fajar Usman, business matching yang digelar bukan merupakan kerja sama G to G melainkan B to B atau bisnis to bisnis antar mitra Liuzhou di Indonesia.

"Pemerintah dalam hal ini Kementerian Investasi BKPM hanya memayungi investasi dengan Pemerintah Tiongkok itu sendiri. Pemerintah Indonesia akan memfasilitasi, memberikan perlindungan bagi investor seperti kemudahan-kemudahan birokrasi jika investor dari Tiongkok mau berinvestasi," kata Fajar.

Liuzhou merupakan salah satu kota yang berlokasi di Tiongkok selatan dan merupakan salah satu kota industri terpenting di daerah otonomi Guangxi Zhuang China lanjut Fajar, memiliki potensi yang besar untuk bermitra dengan Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama.

"Salah satu industri unggulan Liuzhou adalah industri otomotif seperti wuling yang memproduksi kendaraan roda empat dengan harga terjangkau dan ketahanan mobil yang handal. Saat ini Tiongkok sendiri dalam lima tahun terakhir masuk 5 besar bersama Hongkong dengan nilai investasi 8,2 milliar US Dollar," terang Fajar.

BACA JUGA: Awal Februari 2023 Turis Tiongkok Berbondong-bondong ke Sulawesi Utara

Seperti diketahui sebelumnya, berdasarkan data dari Buku Tahunan Statistik Guangxi dan Liuzhou edisi 2007-2017 menunjukkan bahwa pangsa ekonomi industri Liuzhou menyumbang 1/5 dari keseluruhan pangsa provinsi Guangxi.

Selain produksi mobil listrik, Liuzhou juga terdepan dalam beragam industri, seperti manufaktur mesin, metalurgi, bahan kimia, tekstil serta elektronik.

Sumber daya alam yang melimpah menopang berbagai sektor kota Liuzhou. Infrastruktur transportasi yang baik, termasuk jaringan kereta api dan jalan, memperkuat kemampuan logistik dan memfasilitasi perdagangan.

Liuzhou juga memainkan peran penting dalam integrasi regional, berfungsi sebagai jembatan antara China dan negara-negara ASEAN dengan memanfaatkan kawasan Perdagangan Bebas China-ASEAN. Fokus Liuzhou pada teknologi dan inovasi, dengan penelitian dan pengembangan kolaboratif, juga meningkatkan daya saingnya.

Potensi wisata kota yang dicirikan oleh keindahan alam, warisan budaya dan lanskap karst atau daerah yang terdiri atas batuan kapur yang berpori juga memberikan kontribusi penting bagi perekonomian Liuzhou.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya