Daerah Selasa, 07 Desember 2021 | 10:12

Pemerintah Siapkan 40 Miliar untuk Perluasan Dua Jembatan di Susoh Abdya

Lihat Foto Pemerintah Siapkan 40 Miliar untuk Perluasan Dua Jembatan di Susoh Abdya Kepala Dinas PUPR Abdya Alfian Liswandar meninjau jembatan Pulau Kayu, Susoh Abdya.(Foto:Opsi/Istime
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan memperluas dua jembatan di jalan Nasional lintasan Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh.

Proses pengerjaan akan dilakukan awal tahun 2022 mendatang. Adapun anggaran yang digelontorkan untuk memperluas jembatan itu sebanyak Rp 40 miliar.

Kepala Dinas PUPR Abdya Alfian Liswandar, menyatakan proses lelang atau tender untuk kegiatan pembangunan pelebaran jembatan Pulau Kayu saat ini sedang berlangsung di Balai Pengadaan Barang dan Jasa Aceh.

"Awal tahun 2022 sudah mulai dikerjakan sekaligus pelebaran jembatan Alue Meuria di Desa Ujong Padang," kata Alfian, Selasa, 7 Desember 2021.

Dia berujar, nantinya akses jalan pada dua jalur ini lebih maksimal, sebab sudah didukung oleh lebar jembatan yang sesuai dengan badan jalan.

"Kondisi kedua jembatan itu sekarang kan sempit, hanya sekitar enam meter. Jadi, dengan adanya pelebaran tentu pengguna jalan akan menjadi lebih mudah dalam berkendara karena jembatannya sudah menjadi dua arah," ujarnya.

Kata dia, jembatan Pulau Kayu Susoh memiliki panjang sekitar 52 meter dan jembatan Alue Meria, Desa Ujong Padang seluas 31 meter dengan lebar existing yang ada hanya sekitar enam meter.

"Pembangunan perluasannya kiri-kanan. Untuk sebelah kiri ditambah 4,5 meter dan sebelah kanan 4,5 meter, jadi, ke depan luas keseluruhan sudah 15 meter termasuk trotoar tengah dan kiri-kanan," tuturnya.

Dia menjelaskan, pembangunan pelebaran kedua jembatan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2022 dengan nilai pagu anggaran sekitar Rp 40 miliar.

"Ini semua berkat kerja keras kepala daerah (bupati) dalam melobi ke pusat. Jadi, sekarang kita doakan semoga proses lelangnya lancar supaya awal tahun depan sudah mulai dikerjakan," ucap Alfian Liswandar.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya