Daerah Jum'at, 18 Maret 2022 | 19:03

Pemkab Abdya Sediakan Rp 1,5 Miliar Beasiswa untuk Mahasiswa Miskin dan Prestasi

Lihat Foto Pemkab Abdya Sediakan Rp 1,5 Miliar Beasiswa untuk Mahasiswa Miskin dan Prestasi Sekda Abdya, Salman Alfarisi. (Foto: Opsi/Syamsurizal).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) menyiapkan anggaran Rp 1,5 Miliar untuk beasiswa mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, tahun anggaran 2022.

Hal ini tertuang dalam, peraturan bupati nomor 46 tahun 2021, tentang perubahan atas peraturan Bupati Abdya nomor 46 tahun 2020, tentang standar operasional prosedur penyaluran beasiswa mahasiswa berprestasi dan mahasiswa kurang mampu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya Salman Alfarisi menjelaskan, adapun syarat calon penerima beasiswa yakni harus memiliki Indek Prestasi Kumulatif (IPK) minimum IP 2,50 untuk mahasiswa kurang mampu.

"Pendaftaran dibuka mulai 21 Maret lalu hingga 1 April 2022 mendatang. Dalam peraturan itu juga menetapkan angka IPK minimum bagi mahasiswa Universitas Negeri dalam dan luar Provinsi Aceh, eksakta IPK minimal 3,00 dan non eksakta 3,25," kata Salman, Jumat, 18 Maret 2022.

Katanya, untuk mahasiswa Universitas Swasta dalam dan luar Provinsi Aceh, eksakta minimal IPK 3,25 dan non eksakta IPK 3,50, minimal telah menyelesaikan pendidikan 2 semester dan maksimal 8 semester.

"Untuk beasiswa mahasiswa keluarga kurang mampu dengan nilai IPK minimal 2,50, minimal telah menyelesaikan pendidikan 2 semester dan maksimal 10 semester," paparnya.

Untuk syarat lain, katanya, mahasiswa diharuskan membuat surat permohonan kepada Bupati Abdya, fotokopi KTP, fotokopi KK, surat asli keterangan aktif kuliah dari perguruan tinggi, yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang, fotokopi kartu tanda mahasiswa, fotokopi kartu hasil studi semester terakhir dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, serta fotokopi buku rekening Bank Aceh Syariah.

"Setelah semua syarat terpenuhi, calon penerima bisa mengantarkan berkas ke tempat pendaftaran, di kantor bupati Abdya, bagian keistimewaan dan Kesra Setdakab," ujarnya.

Dia melanjutkan, beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang menuntut ilmu jenjang D3 dan S1, baik untuk negeri maupun swasta. Dengan anggaran secara keseluruhan senilai Rp 1,5 miliar.

Untuk mahasiswa D3, jumlah kuota penerima beasiswa prestasi dan kurang mampu dari universitas negeri dan swasta, mencapai 73 orang.

Disebutkannya, masing-masing mahasiswa D3 nanti akan mendapat beasiswa senilai Rp 850.000 per orang. Sedangkan mahasiswa S1 dengan jumlah kuota penerima beasiswa prestasi dan kurang mampu negeri dan swasta, mencapai Rp 1.444 orang.

"Tiap mahasiswa nantinya, akan mendapat beasiswa sebesar Rp 1 juta per orang. Tapi, jika jumlah mahasiswa yang mendaftar melebihi kapasitas, maka akan dilakukan perangkingan, sesuai dengan jurusan masing-masing," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya