Daerah Rabu, 30 Maret 2022 | 08:03

Pemkab Polman Dinilai Tak Becus Tangani Sampah

Lihat Foto Pemkab Polman Dinilai Tak Becus Tangani Sampah Aliansi masyarakat Wonomulyo, Polman Sulbar, saat menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Polman. (Foto: Opsi/ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Polman - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), dinilai tak becus menangani persoalan sampah.

Hal tersebut terlihat saat ratusan massa aksi yang tergabung dalam aliansi masyarakat Wonomulyo, Polman Sulbar, menggelar aksi unjuk rasa di kantor Bupati Polman, Selasa, 29 Maret 2022 kemarin.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes terhadap Pemkab Polman yang dinilai tidak tanggap mengambil langkah mengatasi persoalan sampah.

Kordinator aksi, Irwan Kurniawan mengungkapkan, sejak dua tahun terakhir problem penanganan sampah di Polman sangat meresahkan.

"Khususnya di Kecamatan Wonomulyo, sampai saat ini tidak ada hasil dan solusi dari pemerintah," kata Irwan, Rabu, 30 Maret 2022.

Sehingga, kata Dia, volume sampah yang tertumpuk dibeberapa titik jalan di Kecamatan Wonomulyo tidak berkurang, namun semakin banyak.

"Masyarakat yang bermukim di situ merasa sangat terganggu," katanya.

Irwan juga mengungkapkan, tumpukan sampah yang sudah berminggu-minggu tersebut mengeluarkan bau tak sedap.

"Bahkan sampai berulat, sehingga dapat menimbulkan sarang penyakit," kata Irwan.

Menurutnya, Pemkab Polman harusnya menjalankan tugasnya secara baik dan benar, dengan mengacu pada UU pengelolaan sampah nomor 18 tahun 2009, Perda Polman nomor 4 tahun 2018 dan Permendagri nomor 130 tahun 2018.

"Pemkab Polman wajib mengadakan sarana dan prasarana serta membiayai dan melakukan penanganan pengelolaan sampah. Tapi faktanya, tidak seperti yang diharapkan oleh regulasi yang mengatur," katanya.

Berikut tuntutan massa aksi Aliansi masyarakat Wonomulyo;

Mendesak Pemkab Polman, agar segera membuka anggaran pengelolaan sampah sebagai legitimasi keberpihakan terhadap penanganan sampah.

Mendesak DLHK Kabupaten Polman, agar melakukan penambahan armada mobil kontainer dan tong sampah di Kecamatan Wonomulyo.

Mendesak Pemkab Polman agar segera membuat TPS 3R untuk Kecamatan Wonomulyo.

Mendesak DLHK Kabupaten Polman, agar membentuk personil pembersih atau penyapu jalan beserta kenaikan gaji pengangkut sampah di Kecamatan Wonomulyo.

Mendesak Pemkab Polman dan DLHK Kabupaten Polman agar segera memperjelas lokasi TPA di Kabupaten Polman. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya