Daerah Selasa, 15 Agustus 2023 | 14:08

Pemko Siantar Raih Opini WTP, Wali Kota: Capaian Ini Harapan Kita Bersama

Lihat Foto Pemko Siantar Raih Opini WTP, Wali Kota: Capaian Ini Harapan Kita Bersama Laporan keuangan Pemko Siantar raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Senin, 14 Agustus 2023. (Foto: Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani menghadiri acara kick off menuju 10 tahun berturut-turut Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) dan Opini WTP Laporan Keuangan Pemerintah kabupaten/kota se-Sumut, di Grand Ballroom, Lantai 3, Hotel Adi Mulia, Jalan Diponegoro, Medan, Senin, 14 Agustus 2023.

Adapun kriteria pemberian Opini WTP kepada pemerintah daerah, antara lain kewajaran laporan keuangan sesuai standar akuntansi pemerintahan, pengungkapan laporan keuangan yang cukup, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas pengendalian intern.

Dalam hal ini, Pemprov Sumut memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang memperoleh Opini WTP, salah satunya Kota Pematang Siantar.

Gubernur Sumut, Edy Rahmyadi mengimbau agar kabupaten/kota tetap berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Karena kita (pemerintah) memiliki pertanggungjawaban selaku kepala daerah kepada masyarakat dan kepada Tuhan. Dengan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, maka sejalan dengan peningkatan pengelolaan keuangan," ujarnya.

Sementara itu, Susanti Dewayani mengatakan Pemko Siantar terus berkomitmen atas capaian Opini WTP.

"Pemko Siantar dua tahun berturut-turut menerima Opini WTP. Sejak itu kita mereformasi diri. Capaian ini harapan kita bersama, menjadi tradisi bagi Pemko Siantar dan memacu agar selalu bertanggung jawab dalam mengelola keuangan yang transparan, akuntabel, dan berdampak kesejahteraan bagi masyarakat Kota Pematang Siantar," ucap Susanti.

Para narasumber acara ini juga menyampaikan beberapa strategi dan langkah-langkah dalam meraih dan mempertahankan Opini WTP.

Dalam kegiatan ini hadir juga Kepala BPK RI Perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan, Kepala Perwakilan BPKP Kwinhatmaka, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kajatisu Idianto, Pangdam I/BB, dan para bupati/wali kota se-Sumut.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya