Daerah Rabu, 13 April 2022 | 10:04

Pemkot Makassar Berencana Gelar Balap di Jalan Ap Pettarani, Ini Syarat Harus Dipenuhi

Lihat Foto Pemkot Makassar Berencana Gelar Balap di Jalan Ap Pettarani, Ini Syarat Harus Dipenuhi Jalan AP Pettarani Makassar. (Foto: Alur/RA)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berencana menggelar balap resmi di jalan Ap Pettarani. Untuk mewujudkan hal itu, Pemkot Makassar perlu mengajukan izin ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XIII Makassar untuk menggelar balapan resmi di Jalan AP Pettarani Makassar.

Pasalnya lokasi itu merupakan ruas jalan nasional yang merupakan wewenang pusat.

Kepala Satker Jalan Metropolitan BBPJN XIII Makassar Malik menyarankan Pemkot bertemu dulu dengan pihak balai untuk penggunaan ruas jalan itu. Dia menegaskan jalan nasional itu merupakan kewenangan BBPJN.

"Bagusnya tim pemkot ketemu balai, lalu ajukan permohonan izin apa yang mau dilaksanakan di Jalan Pettarani," ujar Malik, Senin 1 April 2022.

Menurutnya, penggunaan bagian jalan nasional oleh pemerintah daerah harus dikoordinasikan.

Apalagi Pemkot belum menyampaikan pemberitahuan ke BBPJN terkait rencana Jalan Pettarani jadi arena balap motor.

"Info belum ada di balai. Maksud saya bagusnya tim Pemkot ke balai menyampaikan hal ini dibahas bersama," tegas dia.

Malik menambahkan, BBPJN terbuka untuk penggunaan bagian jalan nasional. Namun Pemkot harus membicarakan hal ini ke instansi yang menjadi penanggung jawab atas jalan itu.

"Itukan (Jalan Pettarani) jalan nasional di situ. Karena biar besok mau bawa timnya lebih bagus," papar Malik.

Sebelumnya Malik turut menilai, Jalan AP Pettarani cukup beresiko dan berbahaya ketika digunakan jadi lokasi balap liar. Pertimbangannya, ruas jalan itu banyak simpang, di samping ada jembatan layang.

"Itukan bahaya, resikonya tinggi. Rekayasa lalu lintas di sana agak sulit, karena banyak jalan simpang yang memotong, ada juga jalan tol di atas," bebernya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar, Andi Pattiware mengaku, pihaknya belum bermohon soal rencana ini ke BBPJN. Namun izin akan diajukan jika memang dibutuhkan untuk melancarkan agenda balap resmi.

"Kalau memang harus ke BBPJN insya Allah akan diajukan izin, yang mana yang baik. Inikan begini niat kita baik," jelas dia.

Kendati begitu Pattiware berharap agenda Pemkot ini didukung dalam upaya mengatasi aksi balap liar. Anak muda pencinta adu kecepatan diberi wadah penyaluran minat dan bakat.

"Ini niat baik kita untuk beri wadah ke adek-adek dari pada dia balap tidak jelas," terang Pattiware.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan `Danny` Pomanto tetap akan melaksanakan balapan di Jalan AP Pettarani Makassar.

Apalagi lokasi itu dipilih berdasarkan pertimbangan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

"Pilihan itu dari IMI di mana jalur paling bagus. Kalau balai jalan (BBPJN) `kan tidak tahu balap toh, kecuali balai jalan sudah jadi pembalap," sindir Danny, Selasa 12 April 2022.

Dirinya pun menanggapi santai sejumlah kritikan atas rencana balapan motor di Jalan AP Pettarani Makassar.

Danny mengklaim, agendanya mendapat apresiasi anak muda yang senang balapan dibuatkan wadah penyaluran bakat.

"Anak muda itu mau disalurkan. Coba kalau misalnya dilarang seperti itu, (lalu) apa solusi penyalurannya," tutur dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya