News Selasa, 20 Desember 2022 | 17:12

Pemprov DKI Kerahkan Ribuan Personel Satpol PP untuk Pengamanan Natal 2022

Lihat Foto Pemprov DKI Kerahkan Ribuan Personel Satpol PP untuk Pengamanan Natal 2022 Kepala Satpol PP DKI Arifin di Balai Kota Jakarta. (Foto: istimewa)

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 1.406 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk membantu pengamanan rangkaian perayaan Hari Raya Natal, 19-25 Desember 2022.

"Untuk Natal, kami tempatkan personel di 429 gereja yang menjadi atensi," kata Kepala Satpol PP DKI Arifin di Balai Kota Jakarta, Selasa, 20 Desember 2022.

Rinciannya, 310 petugas Satpol PP DKI diperbantukan untuk pengamanan 48 gereja yang ada Jakarta Pusat, kemudian di Jakarta Utara sebanyak 134 gereja dengan kekuatan Satpol PP DKI mencapai 262 orang.

Di Jakarta Barat, sebanyak 264 personel dikerahkan untuk pengamanan 50 gereja, Jakarta Timur ada 152 gereja dengan personel mencapai 360 orang dan di Jakarta Selatan ada 45 gereja dengan 180 personel.

"Kami tugaskan seluruh anggota dalam rangka memastikan semua kegiatan ibadah, perayaan Natal dapat berlangsung dengan tertib, aman, lancar, dan kami selalu mengimbau untuk mematuhi ketentuan protokol kesehatan," ujarnya.

Selain itu, Satpol PP DKI juga memberikan pengamanan pada kegiatan paduan suara atau "Christmas Carol" di tiga titik yakni di Terowongan Kendal, Bundaran Hotel Indonesia (HI) tepatnya di depan Plaza Indonesia dan Kota Tua.

Christmas Carol diadakan mulai 19-23 Desember 2022 pada pukul 15.30 WIB hingga 17.30 WIB. Sementara itu, untuk pengamanan malam tahun baru, Satpol PP DKI mengerahkan 490 personel untuk membantu pengamanan.

"Untuk yang berkaitan dengan malam tahun baru, ada kegiatan malam muda-mudi semarak Jakarta, car free night, kami terlibat juga dalam rangka pengamanan sepanjang jalur Sudirman-Thamrin," ucap Arifin.

Pada pelaksanaan bebas kendaraan bermotor di Jalan Sudirman-Thamrin, pihaknya juga akan membantu petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan DKI melakukan penyekatan arus lalu lintas dan pengaturan zona bagi pedagang kaki lima.

Rencananya, zona bebas kendaraan di Jalan Sudirman-Thamrin selama malam tahun baru diadakan mulai pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Perayaan Natal Tahun 2022 Harus Aman dan Damai

Baca juga: Kementerian Perhubungan Buka Posko Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Petugas Satpol PP juga akan ditempatkan di sejumlah ruang publik yang berpotensi ramai dikunjungi masyarakat di antaranya kawasan Kota Tua, Danau Sunter di Jakarta Utara, China Town di Pantai Indah Kapuk (PIK) II, Kanal Banjir Timur (KBT), kawasan Bulungan, Jakarta Selatan dan di sejumlah masjid besar di Jakarta Pusat.[] (Antara)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya