News Kamis, 07 Juli 2022 | 00:07

Pemprov DKI Pusatkan Salat Idul Adha Berjamaah di JIS

Lihat Foto Pemprov DKI Pusatkan Salat Idul Adha Berjamaah di JIS Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: Instagram/jakintstadium)

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memusatkan Salat Idul Adha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu, 10 Juli 2022 dan warga yang berniat menghadiri diimbau agar mematuhi tata tertib, menaati protokol kesehatan, serta telah melakukan vaksinasi dosis ketiga.

Warga atau jamaah Salat Idul Adha juga diimbau tetap memakai masker meski di ruang terbuka.

"Diimbau untuk seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk tetap tertib dan disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) demi kenyamanan bersama," kata Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Balai Kota Jakarta, Rabu, 6 Juli 2022.

Jamaah juga diimbau membawa perlengkapan salat dari rumahnya.

"Silakan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti salat dan khutbah Idul Adha secara khusyuk serta tidak berkerumun selepas kegiatan," katanya.

Sigit mengatakan pelaksanaan Salat Idul Adha ini telah dikoordinasikan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, Dewan Masjid Indonesia (DMI) serta lembaga-lembaga Islam lainnya.

Pada prinsipnya lembaga-lembaga menyatakan pelaksanaan Salat Idul Adha di JIS telah sesuai dengan aturan (kaifiat) Salat Idul Adha.

Selain itu, untuk menjamin kesucian tempat salat akan dilakukan pembersihan lokasi dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Berbagai infrastruktur untuk mendukung Salat Idul Adha di JIS juga sudah disiapkan seperti tempat wudu, tempat parkir dan toilet.

Namun, meski telah disediakan tempat wudu, disarankan wudu dari rumah untuk mengurangi antrean dan agar pelaksanaan shalat dapat dimulai tepat waktu.

Segala sesuatu keperluan saat Shalat Idul Adha sudah disiapkan. Semua OPD juga sudah dibagi tugas untuk memastikan agar pelaksanaan Shalat Idul Adha dapat berjalan sukses.

"Karena itu, mari tetap menggunakan masker selama kegiatan berlangsung dan lengkapi vaksinasi `booster`-nya. Semoga salat Idul Adha nanti dapat mendukung #LebaranAman&Sehat di Jakarta," kata Sigit.

Pelaksanaan Shalat Id pada Idul Adha ini merupakan yang kedua kali diselenggarakan di JIS setelah sebelumnya diselenggarakan Shalat Idul Fitri pada awal Mei lalu. [] (Antara)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya