Daerah Senin, 31 Januari 2022 | 14:01

Pemuda asal Nias Masuk Islam di Abdya, Ucok Diberi Nama Muhammad Khalis

Lihat Foto Pemuda asal Nias Masuk Islam di Abdya, Ucok Diberi Nama Muhammad Khalis Proses pencahadatan remaja asal Nias di Aceh Barat Daya. (Foto: Opsi/Syamsurizal).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Seorang pemuda Asal kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang dikenal dengan sebutan Ucok resmi memeluk agama islam di Desa Rumoh Panyang, Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh, Minggu, 31 Januari 2022.

Kepala Desa (Kades) Rumoh Panyang Marbawi, membenarkan seorang pria asal Nias telah memeluk Islam di desanya. Dia berujar, setelah pindah agama remaja yang dulunya bernama Ucok kini diberi nama baru yakni Muhammad Khalis.

"Benar tadi proses pencahadatannya sudah selesai di kediaman warga atau tempat remaja ini tinggal," kata Marbawi.

Dia berujar, Ucok memang sejak beberapa tahun terakhir tinggal atau merantau ke Aceh. Dia bekerja di lahan sawit warga. Pemilik lahan bahkan dengan suka rela membolehkan dia tinggal dikediamannnya.

"Sementara di desa kita remaja ini baru tinggal tiga bulan terakhir. Dia tinggal di rumah pemilik kebun tempat dia bekerja," sebutnya.

Remaja yang kini bernama Muhammad Khalis memang sedari beberapa bulan terakhir sudah berniat masuk Islam. Tidak ada paksaan untuknya masuk Islam. Memilih pindah agama memang keinginan hati nuraninya.

"Tidak ada paksaan, itu memang niat dari dalam hatinya. Tadi dia disyahasatkan oleh Tgk Muhammad Isa tepat di rumah dia tinggal," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya