Daerah Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:07

Pemuda Negarawan Lintas Agama Deklarasi di Medan, Berikut Isinya

Lihat Foto Pemuda Negarawan Lintas Agama Deklarasi di Medan, Berikut Isinya Wali Kota Medan Bobby Nasution menghadiri deklarasi Pemuda Negarawan Lintas Agama. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Pimpinan organisasi kepemudaan lintas agama bersama ribuan warga Kota Medan deklarasi sebagai Pemuda Negarawan Lintas Agama Menuju Indonesia Emas 2045.

Deklarasi yang dipusatkan di Taman Cadika, Kecamatan Medan Johor, Jumat 29 Juli 2022, dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara virtual, dan dihadiri langsung Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Deklarasi itu dibacakan secara bergantian oleh Bendahara Umum GP Ansor Addin Jauharudin, Ketua Umum GAMKI Willem Wandik, Ketua Umum Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma, Ketua Umum Gemabudhi Bambang Patijaya, Ketua Umum PERADAH I Gede Ariawan, Ketua Umum GEMAKU Kirstan, Ketua Umum GPII Masri Ikoni, dan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto.

Berikut isi deklarasi tersebut, Kami Pemuda Negarawan Lintas Agama:

1. Memiliki pandangan nasionalis dan Berketuhanan Yang Maha Esa serta menjadi garda depan dalam mengawal kepentingan bangsa dan negara, berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

2. Memiliki kapasitas dan integritas untuk mengajarkan serta mengamalkan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

3. Mengedepankan nilai etik politik kebangsaan dan kenegarawanan yang merupakan ciri khas demokrasi Indonesia yang bermartabat.

4. Memperkuat gerakan nilai-nilai moderasi beragama, serta membangun masyarakat yang berpegang teguh pada prinsip toleransi, solidaritas, dan gotong royong.

5. Menyuarakan isu-isu strategis nasional dan internasional serta berperan aktif dalam membangun masyarakat, bangsa, dan negara menuju Indonesia emas 2045. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya