Daerah Rabu, 12 Januari 2022 | 15:01

Penampakan Indahnya Gedung Pengadilan Negeri Blangpidie

Lihat Foto Penampakan Indahnya Gedung Pengadilan Negeri Blangpidie Penampakan indah dan megahnya gedung PN Blangpidie di Aceh Barat Daya (Foto: Opsi/Syamsurizal).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Gedung Pengadilan Blangpidie di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh terlihat begitu megah dan indah walau saat ini belum siap 100 persen, masih dikerjakan dan belum ditempati.

Gedung yang dibangun sejak 4 Juni 2021 ini mulai terlihat keindahannya. Penampakan gedung begitu kokoh, kolaborasi warna bangunan yang padu membuatnya begitu indah dilihat.

Peletakan batu pertama pembangunan Gedung yang dilaksanakan oleh PT Putra Nanggroe Aceh jo CV Kreasindo ini selain turut dihadiri Bupati Abdya Akmal Ibrahim juga hadir saat itu Ketua Pengadilan Tinggi/Tindak Pidana Korupsi Banda Aceh, Gusrizal, Ketua PN Blangpidie, Zulkarnain serta sejumlah pejabat lainnya.

Fikar, pelaksana bangunan dari PT Putra Nanggroe Aceh jo CV Kreasindo menjelaskan, bangunan yang dihapit oleh kantor Mapolres Abdya dan Perkim itu saat ini progresnya sudah mendekati 100 persen. Dan dikerjakan secara profesional demi hasil yang memuaskan.

"Sudah 90 persen. Tentu kita memberikan yang terbaik," kata Fikar, Rabu, 12 Januari 2022.

Lebih lanjut dia berujar, ada pun maksud 100 persen yang dikatakannya itu hanya bangunan gedung saja tidak dengan fasilitas lain dan ini sesuai dengan kontrak, atau progres yang dikerjakan oleh perusahaannya itu hanya bangunan saja.

"100 persen kita hanya bangunan saja," ucapnya.

Sementara Bupati Kabupaten Abdya, Akmal Ibrahim dalam sambutannya pada peletakkan batu pertama bangunan ini, Kamis 24 Juni 2021 lalu menyampaikan rasa senang dan syukur dengan dimulainya pembangunan gedung PN Blangpidie itu.

Akmal berkata, pelayanan pengadilan begitu penting. Lalu lintas hukum dan kepentingan dalam masyarakat kian hari semakin rumit. Karena semua itu butuh rujukan. Rujukan secara formal dan material itu keputusan pengadilan.

"Dulu, masyarakat Abdya harus pergi ke Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan untuk mendapatkan pelayanan pengadilan. Selain boros waktu juga memakan biaya mahal, dengan hadirnya gedung pengadilan di kabupaten kita, maka pelayanan sudah begitu dekat," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pengadilan Negeri Blangpidie, Zulkarnain menjelaskan, pembangunan gedung itu mengunakan sumber dana APBN 2021, dengan total anggaran sekitar Rp 36 miliar.

"Itu total anggaran untuk pembangunan gedung saja. Tidak termasuk anggaran sarana lingkungan. Gedung ini dibangun di atas tanah hibah Pemkab Abdya, dengan luas bangunannya sekitar 2.500 meter," kata Zulkarnain saat itu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya