News Kamis, 08 Desember 2022 | 16:12

Penampilan Memikat Maroko di Piala Dunia 2022 Membuat Negara-negara Arab Bangga

Lihat Foto Penampilan Memikat Maroko di Piala Dunia 2022 Membuat Negara-negara Arab Bangga Peman Maroko merayakan lolos ke babak 16 besar usai kalahkan kanada 2-1. (Foto: Twitter/FIFA
Editor: Rio Anthony

Qatar - Kesuksesan Maroko di Piala Dunia 2022 yang melaju hingga babak delapan besar membuat bangga negara-negara Arab.

Secara mengejutkan mereka menyingkirkan mantan juara dunia Spanyol di babak 16 besar, melalui adu tendangan penalti dengan skor 3-0.

Di babak delapan besar, Sabtu 10 Desember 2022, Achraf Hakimi dan kawan-kawan akan menantang calon juara lainnya, Portugal.

Sejarah dibuat Maroko, bukan hanya lolos ke babak perempat final namun mereka satu-satunya negara Arab yang berhasil kalahkan Spanyol.

Selain itu Maroko juga menjadi tim keempat dari Benua Afrika yang mampu melangkah ke perempat final Piala Dunia setelah Kamerun pada 1990, Senegal pada 2002 dan Ghana di Piala Dunia 2010.

Sukses Maroko tidak hanya dirayakan masyarakat dari negara itu. Dikutip dari Reuters, orang-orang di seluruh Timur Tengah dan Afrika Utara sangat gembira.

Dari Baghdad (Irak) hingga Casablanca (Maroko), para penggemar bersorak saat Maroko lolos ke perempat final Piala Dunia 2022.

Masyarakat di Kairo, Beirut, Tunis, Amman, dan Ramallah juga merayakan sukses Maroko mengalahkan Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

"Ini kali pertama saya merasakan seperti ini. Kami sangat bangga," ujar Fahd Belbachir, warga Maroko yang merayakan kemenangan di tengah kota Rabat, dikutib Reuters.

Bahkan petinggi dan pemimpin-pemimpin negara Arab juga mengucapkan selamat atas kemenangan Maroko atas Spanyol.

"Selamat kepada Singa Atlas, Anda membuat kami senang. Wow Maroko, Anda melakukannya lagi," ujar Ratu Rania dari Yordania.

Emir Qatar, Tamim bin Hamad Al Thani, yang menyaksikan langsung Maroko vs Spanyol, memberi acungan jempol dan memegang bendera Maroko di stadion.

Ulama Irak Moqtada al-Sadr, penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati dan Perdana Menteri Libya Abdulhamid al-Dbeibah juga mengucapkan selamat kepada Maroko. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya