Daerah Senin, 16 Mei 2022 | 14:05

Penanggulangan Bencana Jadi PR Pemkab Mamuju

Lihat Foto Penanggulangan Bencana Jadi PR Pemkab Mamuju Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Penanggulangan bencana menjadi salah satu Pekerjaan Rumah (PR) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Hal tersebut disampaikan Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi, saat diwawancarai wartawan, Senin, 16 Mei 2022.

Siti Sutinah mengungkapkan, banjir dan tanah longsor yang seringkali terjadi saat cuaca buruk, menjadi PR pihaknya untuk berbenah.

"Kondisi itu menjadi PR kami, untuk sigap dalam menghadapi bencana, karena kami kekurangan alat berat yang sangat dibutuhkan saat terjadi tanah longsor," kata Siti Sutinah.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya akan menganggarkan pengadaan alat berat di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan nanti.

"Itu sebagai langkah panjang dalam mengantisipasi terjadinya bencana," katanya.

Siti Sutinah menjelaskan, untuk sementara, pihaknya menggerakkan seluruh tim penanggulangan bencana untuk menindaklanjuti terjadinya bencana beberapa hari terakhir di wilayah Kabupaten Mamuju, Sulbar.

"Kemarin saat terjadi bencana tanah longsor dan banjir, kami sudah turunkan seluruh tim penanggulangan bencana," kata Siti Sutinah.

Ia berharap, seluruh warga Mamuju lebih meningkatkan kesadaran dalam merawat lingkungan sekitar dari ancaman bencana alam.

Seperti tidak melakukan penebangan liar dan tidak mengalihfungsikan wilayah peresapan air.

Untuk diketahui, sejumlah wilayah di Kabupaten Mamuju, Sulbar, di landa bencana alam seperti banjir yang mengepung pemukiman warga dan tanah longsor yang menutup ruas jalan sejak Sabtu, 14 Mei 2022 lalu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya