Daerah Senin, 29 Agustus 2022 | 07:08

Pencarian Hari Kedua 11 ABK Korban Tenggelamnya KM Teman Niaga di Selat Makassar Belum Ditemukan

Lihat Foto Pencarian Hari Kedua 11 ABK Korban Tenggelamnya KM Teman Niaga di Selat Makassar Belum Ditemukan Pencarian 11 ABK KM Teman Niaga yang tenggelam di selat Makassar, Minggu 28 Agustus 2022. (Foto: Opsi/Basarnas)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Hingga hari kedua pencarian 11 ABK KM Teman Niaga yang tenggelam di selat Makassar belum membuahkan hasil. Tim SAR akan melakukan pencarian hari ketiga, Senin 29 Agustus 2022.

Menurut Kepala Sub Seksi Operasi Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin, Amri Zuna Kurniawan mengatakan, pencarian korban masih nihil hingga hari kedua, Minggu 28 Agustus 2022.

Kapal kargo yang memuat semen dan 11 ABK itu belum membuahkan hasil.

"Pencarian hari kedua masih nihil. Anggota juga di lapangan mengalami kendala karena cuaca buruk," kata Amri, Minggu 28 Agustus 2022.

Lokasi titik tenggelamnya kapal tersebut belum diketahui. Pencarian kata dia masih di seputaran titik empat korban yang ditemukan selamat.

Diberitakan sebelumnya, KM Teman Niaga berangkat dari Parepare Sulawesi Selatan menuju Batulicin Kalimantan Selatan, namun nahas saat diteluk Makassar kapal yang mengangkut 15 ABK itu tenggelam.

Dari 15 ABK, 11 masih hilang dan 4 ditemukan selamat. Keempatnya ditemukan saat pelayaran dari Parepare menuju Batulicin pada Koordinat 04° 07` 44" S 117° 13` 117" pada Kamis 25 Agustus 2022.

"Fokus pencarian di sekitara penemuan korban. Jadi kalau titik tenggelamnya itu belum pasti di situ," jelasnya.

Tim SAR akan memperluas pencarian para korban. Pencarian hingga 83 nautical mile dari titik lokasi ditemukannya korban.

"Kita memperluas area pencariannya. Hari ini 83 nautical mile," beber Amri.

Nantinya di pencarian hari ketiga, ada lima kapal besar yang akan dikerahkan mencari 11 ABK KM Teman. Dua diantaranya merupakan kapal milik TNI AL, yakni KRI Ajak-653 dan KRI Tongkol-813.

"Ada KRI Ajak-653 itu milik TNI AL, itu posisinya mereka berangkat dari Makassar, sudah berangkat ini, sudah di perjalanan. Terus KRI Tongkol 813 punya TNI AL, itu berangkat dari Balikpapan," ungkap Amri. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya