Hukum Rabu, 12 Januari 2022 | 16:01

Penendang Sesajen di Semeru Ternyata Mahasiswa Yogyakarta Asal NTB

Lihat Foto Penendang Sesajen di Semeru Ternyata Mahasiswa Yogyakarta Asal NTB Kabis Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto. (Foto: Opsi/ANTARA)
Editor: Yohanes Charles

Mataram - Kabid Humas Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) Kombes Pol Artanto mengungkapkan pelaku penendang sesajen di Gunung Semeru seorang mahasiswa asal NTB yang sedang kuliah di salah universitas di Yogyakarta.

Menurut Artanto hal ini diketahui berdasarkan keterangan dari keluarga pelaku.

"Pelaku berinisial F ini lulusan Madrasah Tsanawiyah di Lombok Timur dan lanjut Madrasah Aliyah di Yogyakarta. Sekarang sedang sekolah S-1 di salah satu universitas di Yogyakarta," kata Artanto dikutip dari Beritasatu.com, Rabu 12 Januari 2022.

Lebih lanjut, Artanto menegaskan, Polda NTB dalam persoalan ini hanya menindaklanjuti hasil koordinasi Polda Jatim. Karena itu, persoalan tersebut kini berada di bawah kewenangan Polda Jatim.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan seorang pria berjenggot membuang dan menendang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur ramai menjadi sorotan publik.

Tak disangka, video tersebut telah menimbulkan banyak reaksi masyarakat. Salah satunya, muncul dari putri sulung Presiden Ke-4 Abdurrahman Wahid, Alissa Wahid, dalam Twitternya @AlissaWahid.

Ia mencuitkan, "mempersilakan kalau ada masyarakat yang yakin dengan sesajen itu tidak boleh. Tapi, memaksakan keyakinan tersebut kepada yang meyakini itu tidak boleh."

"Repot memang ketemu yang model-model begini. Susah banget memahami bahwa dunia bukan milik kelompoknya saja," cuitnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya