News Minggu, 08 Mei 2022 | 18:05

Penerapan Prokes Arus Balik di DKI Jakarta, Masih Banyak Warga Lepas Masker

Lihat Foto Penerapan Prokes Arus Balik di DKI Jakarta, Masih Banyak Warga Lepas Masker Ilustrasi Masker (Foto: Pixabay)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pergerakan arus balik di sejumlah titik di DKI Jakarta terus dipantau dari sisi penerapan protokol kesehatan (prokes). Meski masih kondusif, namun masih ada saja warga yang melepas masker.

Petugas BNPB diterjunkan memantau penerapan prokes di Pelabuhan Tanjung Priok, Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Terminal Pulo Gebang, dan Terminal Kampung Rambutan, sejak Sabtu, 7 Mei 2022.

Selain memantau warga, petugas juga memantau fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer, guna memastikan pelaksanaan arus mudik balik aman Covid-19.  

Pemantauan dilakukan sembari membagikan masker kepada para penumpang saat keberangkatan atau kedatangan. 

Petugas mencatat sebanyak 36 kereta api diberangkatkan dengan jumlah penumpang 15.242 orang, tiba di Jakarta.

Sebanyak 4.966 orang keluar Kota Jakarta dengan kota tujuan Bandung, Surabaya, Cirebon, Yogyakarta, Tegal, dan Malang.

Petugas yang terlibat dalam pos pemantauan prokes dan pengamanan, seperti di Stasiun Pasar Senen turut memastikan pelaksanaan arus balik berjalan lancar dengan penerapan prokes melalui pembaharuan data terkait volume penumpang dan keberangkatan kereta per tiga jam sekali. 

Sebanyak 29 kereta diberangkatkan dengan informasi volume penumpang yang tiba di Jakarta 15.761 orang dan penumpang yang berangkat dari Jakarta sebanyak 13.617 orang.

Baca juga:

Banyak Pemudik dan Pedagang di Pelabuhan Gilimanuk Tidak Patuhi Prokes

Kemudian di Terminal Kampung Rambutan, petugas pos pemantauan ikut serta membantu memberikan informasi terkait kebutuhan masyarakat di lokasi terminal, seperti toilet, pintu keluar dan masuk terminal, pintu keberangkatan, dan kedatangan bis serta angkutan kota. 

Tim terus melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan bagi para warga juga dilakukan di area ruang tunggu bis. 

Patroli penerapan prokes dilakukan per dua jam kepada para pemudik dengan membagikan masker kepada para warga terutama yang tidak mengenakan masker.

Petugas melakukan patroli penerapan prokes per dua jam di sekitar area terminal dengan pengeras suara setiap 15 menit sekali.

Di Pelabuhan Tanjung Priok terpantau penumpang sebanyak 720 orang tiba di Jakarta menggunakan KM Dorolonda dan penumpang yang berangkat sebanyak 691 orang menuju Kota Surabaya, Makasar, BauBau dan Kota Ternate. 

Petugas turut memberikan sosialisasi penggunaan masker secara berkala kepada para penumpang.

Masih ditemukan beberapa pemudik yang melepas masker di area pos pemantauan. Petugas BNPB bersama berbagai pihak khususnya pos pemantauan terus melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan, membagikan masker serta membantu para pemudik untuk menggunakan masker secara tepat. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya