News Senin, 29 Mei 2023 | 10:05

Penerbangan Perdana Calhaj dari BIJB ke Arab Saudi, Maman: Ini Sejarah, Insya Allah Berkah

Lihat Foto Penerbangan Perdana Calhaj dari BIJB ke Arab Saudi, Maman: Ini Sejarah, Insya Allah Berkah Pelepasan keberangkatan kloter pertama di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu, 28 Mei 2023. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Pelepasan keberangkatan kloter pertama calon jemaah haji (Calhaj) di Asrama Haji Indramayu dilakukan secara simbolis oleh Komisi VIII DPR RI, Minggu, 28 Mei 2023.

Keberangkatan 366 calon jemaah haji berikut 8 petugas haji itu melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Turut mengantarkan langsung para jemaah bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Anggota Komisi VIII DPR RI KH Maman Imanulhaq mengaku gembira dapat menyaksikan secara langsung penerbangan perdana haji dari bandara kebanggaan masyarakat Jabar.

Apalagi, lanjutnya, keseluruhan jemaah dan para petugas hajinya dalam keadaan sehat dan tanpa ada kendala apa pun.

Tak lupa, Kiai Maman mendoakan para jemaah agar bisa tuntas menunaikan ibadahnya dan kembali ke Tanah Air dalam keadaan selamat.

"Ini adalah sejarah, kali pertama jemaah haji asal Indonesia diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Kertajati. Dengan adanya penerbangan haji dari Kertajati diharapkan semakin banyak penerbangan lainnya baik umrah maupun penerbangan komersil lainnya dari bandara kebanggaan masyarakat Jawa Barat," kata Kiai Maman seperti meneruskan keterangannya, Senin, 29 Mei 2023.

Tak hanya itu, ia juga memberi pesan kepada para petugas haji untuk memberikan pelayanan maksimal kepada jemaah yang sebagiannya itu adalah jemaah lansia.

Sebab, kata dia, petugas haji adalah representasi pemerintah yang berhadapan langsung dengan jemaah, sehingga hasil kerjanya sangat berpengaruh pada variabel perhitungan indeks kepuasan haji.

Sebelum mengantarkan ke Kertajati, di Asrama Haji Indramayu, Kiai Maman menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan para calon haji khususnya tentang pelayanan haji yang mereka dapatkan.

Ia mengaku puas mendengar cerita dari para jemaah tentang pelayanan yang diterimanya.

Kendati demikian, Kiai Maman tak memungkiri bahwa ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki nantinya.

"Angka indeks kepuasan haji Indonesia sudah cukup baik, ini yang hanya perlu dipertahankan dan ditingkatkan di beberapa aspek agar pelayanan jemaah haji semakin memuaskan," ucap Kiai Maman.

Untuk diketahui, Bandara Kertajati pada musim haji tahun ini akan memberangkatkan 24 kloter dengan periode penerbangan sampai 21 Juni mendatang.

Jemaah yang berangkat melalui Bandara Kertajati berasal dari tujuh kabupaten-kota di Jabar, di antaranya Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang.

Dalam Pelaksanaan Kegiatan Angkutan Udara Haji Tahun 1444H/2023, Kemenhub memastikan kesiapan pesawat, fasilitas sarana prasarana bandara, hingga personel yang bertugas dapat melayani para jamaah.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya