News Jum'at, 18 November 2022 | 13:11

Pengamanan KTT G20, Lemkapi: Masyarakat Indonesia-Dunia Internasional Apresiasi Polri

Lihat Foto Pengamanan KTT G20, Lemkapi: Masyarakat Indonesia-Dunia Internasional Apresiasi Polri Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan mengapresiasi keberhasilan Polri dalam pengamanan rangkaian Presidensi G20 di Bali.

Edi berpandangan, Polri telah mampu mereduksi berbagai potensi ancaman keamanan yang berpotensi mengganggu jalannya KTT G20 tersebut.

Dia mengungkapkan, keberhasilan itu menunjukkan profesionalisme Polri kepada dunia.

"Pengamanan KTT G20 oleh Polri di Bali sangat sukses dan mendapatkan apresiasi masyarakat Indonesia dan dunia internasional," kata Edi dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 18 November 2022.

Menurutnya, keberhasilan pengamanan hajatan besar tersebut membuat Kepolisian semakin mendapat tempat di kancah global.

"Kita melihat kehadiran Kepolisian yang melakukan tahapan pengamanan, mulai dari persiapan hingga penutupan KTT G20 telah menujukan profesionalisme Polri kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang aman dan mampu memberikan jaminan keamanan kepada semua kepala negara," ujarnya.

Kendati adanya upaya serangan siber, lanjutnya, Satgas Polri langsung sigap memitigasi dengan berkoordinasi kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Kita sampaikan apresiasi yang tinggi dan terima kasih kepada Kapolri dan seluruh satuan kerjanya yang sudah bekerja keras mulai Baharkam, Bareskrim, Brimob, Densus 88 Anti Teror, Badan Intelijen Keamanan, Korps Lalu Lintas hingga Humas Polri," tuturnya.

Pemerhati Kepolisian ini lantas menyampaikan apresiasi dari pihaknya kepada TNI, BSSN, BIN dan instansi lain yang ikut mendukung Polri dalam pengamanan KTT G20.

"Kami melihat koordinasi dan sinergitas antar-lembaga dalam mengelola keamanan sangat bagus," ucapnya.

Baca juga: Tutup KTT G20, Jokowi: Presidensi Dimulai dengan Harapan untuk Menyatukan Niat Bersama

Baca juga: Presiden Jokowi: KTT G20 Jangan Ditarik-tarik ke Politik

Selain itu, Edi Hasibuan juga melihat Polri melibatkan petugas keamanan adat Bali (pecalang) yang ikut membantu pengamanan dalam kawasan KTT G20 sehingga memberi kenyamanan tersendiri bagi tamu negara.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya