Daerah Jum'at, 15 April 2022 | 14:04

Pengembang Angkat Bicara Terkait Tarif Rp 500 Ribu saat Berfoto di Kawasan CPI Makassar

Lihat Foto Pengembang Angkat Bicara Terkait Tarif Rp 500 Ribu saat Berfoto di Kawasan CPI Makassar Masjid 99 kubah di kawasan CPI Makassar. (Foto: Opsi/Netizen)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Viral di media sosial berfoto di kawasan Center Poin of Indonesia(CPI) di Kawasan Pantai Losar Makassar harus bayar membuat pengembang kawasan tersebut angkat bicara.

Pengembang membantah dan menyebut tarif tersebut tarif lama untuk foto prewedding.

"Itu adalah tarif yg sudah tidak berlaku saat ini," ungkap Marketing Manager Citraland City Losari, Anastasia Winardi, Jumat 15 April 2022.

Tarif itu kata Anastasia yakni tarif prawedding yang sudah disederhanakan. Tarifnya Rp 200.000 untuk foto prewedding dan bisa di lokasi mana saja.

"Di luar prewedding tidak dikenakan tarif. Ini kebijakan agar warga bisa berfoto di CPI tanpa merasa dibebani," jelasnya.

Dia menegaskan pemotretan biasa tidak dilarang dan tidak dikenakan tarif. Ini dikarenakan area CPI sudah dibuka untuk umum.

Jika ada imbauan atau teguran dari tim sekuriti hanya bertujuan untuk penertiban pengunjung.

"Terutama demi keselamatan pengunjung dan pengguna jalan serta penjagaan aset kawasan," jelasnya.

Sebelumnya, viral di media sosial kabar soal berfoto di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar harus membayar Rp 500 ribu. Gubernur Sulsel Andi Sudirman mengaku akan mengecek kebenaran info tersebut.

Dalam foto dokumen yang dilihat, Jumat 15 April 2022, tertulis di bagian atas dokumen formulir izin penggunaan area di Citraland City Losari-Makassar yang merupakan pengembang di kawasan reklamasi CPI.

Paket 1 (Plaza Marketing Office) Rp 200.000. Paket 2 (Sunset Quay) Rp 200.000. Paket 3 (CitraLand Boulevard) Rp 200.000.

"Paket 4 (Plaza Marketing Office+Sunset Quay+CitraLand Boulevard) Rp 500.000," demikian tertulis dalam potongan foto dokumen tersebut.

Gubernur Sulsel langsung bereaksi atas informasi tersebut,vdia menginstruksikan
dinas terkait untuk mengeceknya, karena kawasan CPI merupakan lahan hasil reklamasi kerja sama Pemprov Sulsel dengan pengembang.

"Saya belum paham daerah mana dia maksud di CPI yang dikomersilkan. Nanti saya minta Dinas terkait koordinasikan," ungkap Andi, Jumat 15 April 2022.

Andi Sudirman menambahkan bila kawasan yang dimaksud berbayar ini masuk kawasan fasum fasos perumahan, maka dikordinasikan ke Pemkot Makassar.

"Salah satu fungsi kabupaten/kota untuk hati-hati memberikan surat legal tanah di tanah-tanah sisa fasum fasos karena itu akan diklaim sebagai tanah pengembang," bebernya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya