News Sabtu, 12 Februari 2022 | 15:02

KSP: Pengembangan Mandalika Tak Berhenti Pada Ajang MotoGP

Lihat Foto KSP: Pengembangan Mandalika Tak Berhenti Pada Ajang MotoGP Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Twitter)

Jakarta - Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP), Febry Calvin Tetelepta menekankan bahwa pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tidak berhenti pada ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Febry mengatakan, pada pagelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada bulan Maret 2022 mendatang bakal banyak agenda nasional dan internasional yang akan digelar.

Oleh sebab itu, dia berharap kegiatan tersebut bisa melahirkan pertumbuhan ekonomi baru di negeri ini.

"MotoGP ini hanya permulaan saja. Nantinya akan ada banyak lagi event berskala nasional dan internasional. Oleh karena itu, butuh dukungan seluruh elemen masyarakat agar bisa melahirkan multiplier effect yang bersifat jangka panjang," kata Febry meneruskan keterangannya, Sabtu, 12 Februari 2022.

Menurutnya, salah satu kunci untuk menumbuhkan efek pengali dari pengembangan Mandalika, yakni melalui pemberdayaan masyarakat lokal.

Hal ini sesuai dengan komitmen dan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menetapkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Sejak awal pengembangan Mandalika dirancang secara holistik. Pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat lokal harus dilakukan secara beriringan," tuturnya.

Dia menyebutkan terdapat banyak sektor pendukung kegiatan pariwisata yang akan merasakan dampak pengali dari pengembangan Mandalika.

Ia lantas mencontohkan konstruksi, penyedia akomodasi, makan dan minum, serta transportasi dan UMKM.

"Kegiatan-kegiatan ini tentunya akan melibatkan masyarakat lokal. Intinya Mandalika bukan proyek gagah-gagahan, melainkan memang didedikasikan untuk masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat NTB," ucap Febry.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya