Daerah Kamis, 20 Oktober 2022 | 15:10

Pengencer di Abdya Diingatkan Tidak Jual Pupuk Bersubsidi di atas HET

Lihat Foto Pengencer di Abdya Diingatkan Tidak Jual Pupuk Bersubsidi di atas HET Distributor pupuk bersubsidi di Aceh Barat Daya. (Foto: Opsi/Syamsurizal)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Distributor mengingatkan kios pengencer pupuk bersubsidi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Avdya), Provinsi Aceh, agar tidak menjual pupuk bersubsidi di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Kita ingatkan lagi pada kios atau penyalur di Kecamatan-kecamatan agar pupuk bersubsidi itu di jual sesuai HET. Tidak boleh lebihi itu, bertentangan dengan aturan pemerintah, " kata pengelola PT Meuligoe Raya, Indra Sukma, Rabu, 19 Oktober 2022.

Diketahui, PT Meuligoe Raya merupakan Distributor pupuk bersubsidi untuk wilayah Kecamatan Jeumpa, Susoh, Blangpidie, Setia, Tangan-Tangan, Manggeng dan Kecamatan Lembah Sabil. 

Indra Sukma menekankan jika ada kios pengencer yang nekat menjual pupuk bersubsidi di luar HET, maka pihak PT Meuligoe Raya tidak segan-segan memberhentikan kios tersebut dari pengencer pupuk bersubsidi. 

Di samping pupuk bersubsidi, pihak distributor juga menyalur pupuk non subsidi kepada kios-kios pengencer untuk di jual pada masyarakat petani mapan yang memiliki kelebihan uang.

"Kemudian proses penjualan pupuk bersubsidi di kios boleh dipaketkan dengan pupuk nonsubsidi, tapi harus ada hati nuranilah. Jangan semua dipaketkan. Bagi yang tidak punya uang lebih, kasih saja yang bersubsidi, seperti NPK dan urea sebagaimana RDKK, " ujar Indra. 

Indra mengatakan, beberapa jenis pupuk non subsidi yang boleh dipaketkan tersebut yaitu pupuk non subsidi dari PT Petrokimia Gresik, seperti NPK Phoska Plus, Zet A, urea Sp-36 dan pupuk non subsidi dari PT Iskandar Muda.

"Hanya jenis itu yang bolah," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya