Daerah Selasa, 10 Mei 2022 | 21:05

Penyakit PMK Serang Ternak Warga Aceh, 13 Ekor Sapi Dilaporkan Mati

Lihat Foto Penyakit PMK Serang Ternak Warga Aceh, 13 Ekor Sapi Dilaporkan Mati Penyakit mulut dan kuku pasa hewan ternak sapi. (Foto: Tribun)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Penyakit mulut dan kuku (PMK) mulai menyerang hewan ternak masyarakat Aceh. Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan (DPPP) Kabupaten Aceh Tamiang mencatat saat ini sudah sebanyak 1.881 ekor sapi positif terjangkit.

"Bahkan ada 13 ekor sapi dilaporkan mati mengenaskan. Berdasarkan hasil uji laboratorium, kematian karena penyakit ini," kata Kepala DPPP Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa, 10 Mei 2022.

Safuan mengatakan, data yang berhasil dihimpun pihaknya ada 45 ribuan ekor ternak sapi di kabupaten itu, tersebar di 10 kecamatan, sedangkan dua kecamatan lainnya belum terdata sehingga itu hanya data sementara dan saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan apakah ternak di dua kecamatan ini juga terjangkit atau tidak.

"Kecamatan Tenggulun dan Tamiang Hulu masih kita data jadi jumlahnya bisa bertambah atau tetap," ucapnya.

Dia mengatakan, penyakit ini memiliki gejala demam tinggi, mulut mengeluarkan air seperti buih, tidak mau makan, hingga kuku terkelupas.

"Wabah penyakit ini bisa berakhir dengan kematian hewan ternak," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya