Hiburan Jum'at, 01 April 2022 | 00:04

Penyelenggara Oscar Kecam Tindakan Will Smith Tampar Chris Rock

Lihat Foto Penyelenggara Oscar Kecam Tindakan Will Smith Tampar Chris Rock Ilustrasi Piala Oscar. (Foto: The Academy)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Organisasi Academy of Motion Pictures and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara penghargaan Oscar 2022 berjanji akan mengambil sikap atas insiden tamparan yang dilakukan Will Smith kepada Chris Rock.

Laman AFP mewartakan, Akademi Film Hollywood itu tengah berada di bawah tekanan publik untuk mengambil tindakan sebagai tanggapan atas insiden yang disaksikan jutaan orang di seluruh dunia dalam acara itu.

Dalam sebuah surat yang dikirim ke anggota Academy, pimpinan badan yang memberikan penghargaan Oscar tersebut mengatakan pihaknya "kesal dan marah" atas insiden tersebut.

"Siaran Oscar ke-94 pada Minggu dimaksudkan untuk menjadi perayaan banyak individu di komunitas kami yang melakukan pekerjaan luar biasa tahun lalu," kata mereka, dalam suratnya, dikutip Opsi pada Jumat, 1 April 2022.

"Kami kesal dan marah karena momen-momen itu dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya di atas panggung oleh nominator," demikian bunyi surat yang Presiden AMPAS David Rubin dan CEO AMPAS Dawn Hudson tersebut.

 Chris Rock (kiri) dan Will Smith (kanan). (foto: Oscar).

Insiden pemukulan terjadi di panggung Oscar 2022 antara Will Smith dan Chris Rock. Sang aktor yang berang, menampar wajah komedian yang tengah berada di atas pentas.

Will Smith naik ke atas panggung dan menampar Chris Rock usai komedian itu membuat lelucon soal istrinya, Jada Pinkett Smith.

Chris Rock mengatakan bahwa Jada yang kini gundul bisa mengisi sekuel G.I Jane, film yang diperankan oleh Demi Moore dengan kepala gundul.

Meski belakangan Will Smith telah meminta maaf kepada Chris Rock lewat postingan di akun Instagram miliknya, penyelenggara Oscar tetap berada di bawah tekanan untuk mengecam tindakan Smith.

Baca juga: Samuel L. Jackson Raih Penghargaan Khusus di Gelaran Oscar 2022

Baca juga: Ajang Penghargaan Oscar 2022 Diwarnai Momen Mengheningkan Cipta untuk Ukraina

"Untuk lebih jelasnya, kami mengutuk tindakan Tuan Smith yang terjadi Minggu malam. Seperti yang digariskan dalam peraturan kami, Dewan Gubernur Academy sekarang akan membuat keputusan tentang tindakan yang tepat untuk Tuan Smith," kata surat tersebut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya