Daerah Senin, 01 Agustus 2022 | 17:08

Perbukitan Haranggaol di Simalungun Kawasan Danau Toba Terbakar

Lihat Foto Perbukitan Haranggaol di Simalungun Kawasan Danau Toba Terbakar Kebakaran lahan di perbukitan Haranggaol, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. (Foto: Opsi/Leo)
Editor: Tigor Munte

Simalungun - Terjadi kebakaran hutan di perbukitan Haranggaol, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara.

Diperkirakan lahan yang terbakar di Kawasan Danau Toba itu sekitar 12 hektare. Hingga sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran.

Camat Haranggaol Horison, Elisye Salfrida Sinaga kepada wartawan membenarkan kejadian tersebut.

"Ya, benar. Kejadiannya semalam (Minggu, 31 Juli 2022) sore sekitar pukul 4.00 WIB. Dan sampai saat ini juga api belum juga padam. Dan kami juga berharap agar hujan secepatnya turun," katanya dihubungi melalui telepon seluler Senin, 1 Agustus 2022.

Baca juga:

Kebakaran Hutan di Kawasan Danau Toba, Seorang Warga Meninggal Dunia

Elisye mengatakan, sumber api penyebab kebakaran belum diketahui. Namun saat kejadian, asap tebal membumbung dan tampak api menyala dari belakang perbukitan.

"Jadi kami tidak mengetahui penyebab kebakaran karena apa. Karena kami dan pihak damkar juga tidak bisa ke lokasi karena kondisi bukitnya yang begitu curam," terangnya.

Elisye menambahkan, lahan yang terbakar bukan milik warga, tetapi  kawasan perbukitan atau hutan.

"Itu memang benar perbukitan dan tidak ada lahan masyarakat. Jadi kalau perkiraan kami total yang terbakar sampai saat ini berkisar 12 hektare," ujarnya.

Elisye sangat berharap peristiwa kebakaran tersebut tidak meluas. [Leo]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya