Daerah Rabu, 16 Agustus 2023 | 13:08

Peringati HAN, Bupati Mamuju: Ciptakan Lingkungan Ramah Anak

Lihat Foto Peringati HAN, Bupati Mamuju: Ciptakan Lingkungan Ramah Anak Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi. (Foto: Opsi/Eka)
Editor: Rio Anthony

Mamuju - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), berlangsung di kompleks rumah adat, Rabu, 16 Agustus 2023.

Peringatan HAN yang mengusung tema Anak Terlindungi Indonesia Maju tersebut dinilai sejalan dengan orientasi Pemkab Mamuju.

Hal tersebut disampaikan Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi, saat diwawancarai wartawan, usai menghadiri kegiatan tersebut.

Siti Sutinah mengungkapkan, orientasi Pemkab Mamuju yakni menciptakan lingkungan lebih ramah dan layak bagi anak.

"Anak pelopor dan pelapor harus dapat kita dorong agar anak-anak Indonesia menjadi anak yang berani memperjuangkan apa yang seharusnya mereka dapatkan," kata Siti Sutinah.

Bupati perempuan pertama di Mamuju itu juga mengungkapkan, pihaknya terus berupaya membentuk lingkungan yang ramah dan aman bagi anak.

"Ini dibuktikan dengan penghargaan yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak beberapa waktu lalu," ungkapnya.

Sehingga, kata Siti Sutinah, sebagai kabupaten layak anak kategori pertama, menggambarkan berbagai program dan kebijakan yang telah pihaknya jalankan melalui aktualisasi visi Mamuju Keren.

"Visi Mamuju Keren ini, telah membuka akses yang luas terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak," ujar Siti Sutinah.

Lanjut Dia menjelaskan, capaian tersebut merupakan babak baru untuk menuntaskan berbagai tantangan yang masih menjadi pekerjaan rumah Pemkab Mamuju.

"Seperti pernikahan dini, kasus kekerasan terhadap anak, stunting, maupun gizi buruk yang masih butuh perhatian bersama,"jelasnya.

Siti Sutinah pun mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama menuntaskan persoalan yang dihadapi Pemkab Mamuju saat ini.

"Melalui kesempatan ini saya mengajak kepada seluruh stakeholder untuk sama-sama berjuang dan lebih akomodatif terhadap hak dan perlindungan kepada anak," tutup Siti Sutinah. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya