Daerah Selasa, 26 Juli 2022 | 14:07

Peringati Hari Mangrove Sedunia, Lanal Mamuju Tanam 5000 Pohon Mangrove

Lihat Foto Peringati Hari Mangrove Sedunia, Lanal Mamuju Tanam 5000 Pohon Mangrove Lanal Mamuju, Sulbar, saat melakukan penanaman 5000 pohon mangrove, Selasa 26 Juli 2022. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Memperingati hari mangrove sedunia, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), menanam sebanyak 5000 pohon mangrove.

Komandan Lanal (Danlanal) Mamuju, Letkol Marinir A Temmy Irawan mengungkapkan, pihaknya menanam 5000 pohon mangrove di tiga lokasi berbeda.

"Di Pantai Rangas sebanyak 1500 pohon, Pantai Simboro sebanyak 1500 pohon dan sebanyak 2.000 pohon di Pantai Jalarangas Lanal Mamuju," kata Temmy Irawan, saat diwawancarai wartawan usai melakukan penanaman pohon mangrove, Selasa, 26 Juli 2022.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya melibatkan sejumlah elemen masyarakat, dinas terkait dan instansi yang ada di Pemprov Sulbar dalam penanaman pohon mangrove tersebut.

"Ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono," katanya.

Kegiatan tersebut, kata Temmy Irawan, juga bertujuan untuk menjalin solidaritas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.

"Agar menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL, melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi masyarakat, bangsa dan negara," kata Temmy Irawan.

Ia menambahkan, penanaman pohon mangrove tersebut juga bertujuan untuk memperingati hari kemerdekaan RI yang ke-77, 17 Agustus 2022 mendatang.

"Kita ingin menjaga lingkungan supaya tidak tergerus abrasi dan tidak mudah terdampak bencana, serta dapat menyerap emisi gas karbondioksida maupun efek dari rumah kaca, termasuk menjaga ekosistem laut," katanya.

Untuk diketahui, penanaman pohon mangrove dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia tahun 2022 dilaksanakan secara serentak di 77 lokasi jajaran TNI AL seluruh Indonesia dengan tema The Mangroves Save Our Earth. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya