News Minggu, 09 Januari 2022 | 15:01

Perintah Jokowi, Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan

Lihat Foto Perintah Jokowi, Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Foto: dok. Kemenlu)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Pemerintah Indonesia resmi mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa kebutuhan makanan dan nutrisi bagi rakyat Afghanistan, yang saat ini menghadapi situasi kemanusiaan yang memburuk.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, bantuan tersebut dikirimkan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai komitmen bantuan kemanusiaan dari Indonesia.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, bantuan kemanusiaan ini merupakan tambahan dari komitmen bantuan kemanusiaan dan bantuan kerja sama pembangunan dari Indonesia," kata Retno, dikutip Opsi pada Minggu, 9 Januari 2022.

Menteri Retno menghadiri acara pelepasan keberangkatan dua pesawat bantuan kemanusiaan Indonesia untuk rakyat Afghanistan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Minggu, 9 Januari 2022.

Bantuan tersebut diberikan sebagai respons terhadap situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di Afghanistan.

Ada sekitar 23 juta penduduk yang terancam kelaparan dan lebih dari tiga juta anak juga terancam malnutrisi di nengara itu.

Retno Marsudi mengatakan bahwa dalam mempersiapkan bantuan, Indonesia terus berkoordinasi dengan sejumlah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa di lapangan, terutama World Food Program.

Baca juga: Presiden Jokowi Berkomitmen Beri Bantuan ke Afghanistan

Baca juga: WFP: Afghanistan Terancam Kelaparan, Kemiskinan di Bawah Rezim Taliban

Bantuan kemanusiaan itu juga akan disalurkan bekerja sama dengan WFP dan akan disupervisi oleh misi Indonesia di Kabul. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya