News Selasa, 26 Juli 2022 | 15:07

Pertemuan Jokowi-Xi Jinping di Distrik Haidian, Beijing

Lihat Foto Pertemuan Jokowi-Xi Jinping di Distrik Haidian, Beijing Dokumentasi - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan bilateral di Port Moresby, Papua Nugini di sela-sela KTT APEC 2018 . (foto: Antara/HO-Biro Pers Setpres RI/aa)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tiba di Beijing pada Senin malam kemarin dijadwalkan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada Selasa sore, 26 Juli 2022.

Presiden Jokowi akan ditemui Xi Jinping di gedung tamu negara Diaoyutai di Distrik Haidian, Beijing pada Selasa pukul 15.00 waktu setempat (14.00 WIB).

Selanjutnya pada pukul 20.00 waktu setempat (19.00 WIB), Presiden Jokowi bertolak dari Beijing untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang dan Korea Selatan.

Jokowi merupakan kepala negara atau kepala pemerintahan pertama di dunia yang diterima Xi Jinping di Beijing sejak Olimpiade Musim Dingin pada Februari 2021.

Jokowi juga jadi presiden pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke China setelah beberapa wilayah di daratan Tiongkok itu, terutama Beijing, dilanda gelombang pandemi Covid-19 yang diikuti dengan penguncian wilayah (lockdown) selama beberapa bulan.

"Memang ini kunjungan tingkat tinggi pertama yang kami terima setelah Olimpiade Musim Dingin. Saya ingin katakan bahwa kami telah mendapatkan pengalaman yang berharga selama Olimpiade," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing, Senin, 25 Juli 2022, dikutip dari Antara.

"Saya yakin kunjungan ini akan berlangsung dengan lancar dan berhasil," lanjut Zhao sambil meminta awak media bersabar menunggu hasil pertemuan Jokowi-Xi.

Atas undangan Xi Jinping, Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke China pada Senin dan Selasa.

Kunjungan singkat tersebut dilaksanakan melalui mekanisme lingkaran tertutup (close loop) di Diaoyutai. Terpantau, bendera Indonesia dikibarkan bersama bendera China di depan Museum Istana Kota Terlarang Beijing sejak Senin sore kemarin.

Peningkatan hubungan dagang dan investasi kedua negara serta keketuaan Indonesia di G20 bakal menjadi topik utama yang dibicarakan Presiden Jokowi-Presiden Xi Jinping. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya