Daerah Jum'at, 25 Februari 2022 | 10:02

Perti Abdya Nilai Yaqut Tidak Layak Jabat Mentri Agama

Lihat Foto Perti Abdya Nilai Yaqut Tidak Layak Jabat Mentri Agama Ketua PC Tarbiyah-Perti Abdya, Tgk H Muhammad Qudusi Syam Marfaly. (Foto: Opsi/Istimewa).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Luapan bernada kesal dan mengecam terhadap pernyataan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang menganalogikan suara azan dengan gongongan anjing terus disuarakan para pihak tidak terkecuali di Muslim di Aceh.

Bahkan, Ketua Pimpinan Cabang Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PC Tarbiyah-Perti) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Tgk H Muhammad Qudusi Syam Marfaly mengecam keras pernyataan Menag itu. Perti Abdya bahkan menilai Yaqut tidak layak jadi menteri agama.

"Pernyataan dan sikap Menag Yaqut yang demikian mencerminkan kepribadian dan pemikirannya. Sehingga sangat tidak layak ia menjabat sebagai Menteri Agama RI," kata Tgk H Muhammad Qudusi Syam Marfaly, Kamis, 24 Februari 2022.

Menurutnya, pernyataan Menag itu sangat melukai hati umat Islam, sehingga harus segera di ralat dan minta maaf kepada publik khususnya kepada umat Islam, karena sangat tidak pantas menganalogikan suara azan dengan gonggongan anjing dengan alasan apa pun.

"Meski pun mungkin Menag keseleo lidah, namun sudah seringkali ia mengeluarkan statement yang menyinggung hati masyarakat serta memicu kegaduhan dan polemik di tengah umat beragama," ucapnya.

Sebelumnya, Menag Yaqut menerbitkan surat edaran yang mengatur penggunaan pengeras suara atau toa di masjid dan musala.

Penerbitan aturan dilakukan salah satunya untuk meningkatkan ketentraman, ketertiban, dan keharmonisan antar warga. Untuk menjelaskan tentang SE itu, dia menyamai suara azan dengan gonggongan anjing. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya