Daerah Senin, 16 Mei 2022 | 11:05

Pesan Damai Antar Umat Beragama Warnai Peringatan Waisak di Mamuju

Lihat Foto Pesan Damai Antar Umat Beragama Warnai Peringatan Waisak di Mamuju Umat Buddha di Mamuju peringati Hari Raya Waisak 2022/2566 BE di Vihara Bukit Naga Mamuju, Sulbar. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Pesan damai antar umat beragama mewarnai peringatan hari Waisak 2022/2566 BE di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Hari Waisak merupakan perayaan penting bagi umat Buddha di seluruh dunia.

Selayaknya pada perayaan tradisi agama lain, Waisak juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. Hari Raya Waisak di Indonesia tahun ini jatuh pada Senin, 16 Mei 2022.

Hari Raya Waisak disebut juga sebagai Tri Suci Waisak lantaran memperingati tiga peristiwa penting, yakni kelahiran Pangeran Siddharta, pencapaian Pangeran Siddharta menjadi Buddha, dan wafatnya Buddha Gautama.

Di Mamuju sendiri, peringatan Hari Raya Waisak tahun ini dipusatkan di Vihara Bukit Naga Mamuju, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Mamuju, Sulbar.

Ketua Vihara Bukit Naga Mamuju, Carli Wijaya mengungkapkan, pihaknya akan melakukan kegiatan bakti sosial setelah pelaksanaan sembahyang di Vihara Bukit Naga Mamuju.

"Hari ini kita upacara sembahyang saja, memperingati Hari Raya Waisak," kata Carli Wijaya, saat diwawancarai Opsi.id, Senin, 16 Mei 2022.

Ia juga mengungkapkan, umat Buddha cinta akan kedamaian sesuai dengan ajaran guru agung, bahwa semua mahluk itu sama.

"Jadi, kita harus berbagi kasih, berbagi cinta untuk sesama manusia," katanya.

Sehingga, Carli Wijaya berharap, kerukunan antar umat beragama di Mamuju terjalin lebih baik lagi, yang selama ini sudah terjalin dengan harmonis.

"Kedepan kami berharap, bisa saling mendukung, saling mensupport satu sama yang lain dalam pembangunan akhlak dan diri kita masing-masing," kata Carli Wijaya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya