Daerah Selasa, 11 Juli 2023 | 12:07

Pesan Kapolda Sumut ke Kapolres Baru Soal Wali Kota dan Warga Siantar

Lihat Foto Pesan Kapolda Sumut ke Kapolres Baru Soal Wali Kota dan Warga Siantar Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Wali Kota Siantar Susanti Dewayani, dan Kapolres Pematang Siantar, AKBP Yogen Heroes Baruno di Siantar, Senin, 10 Juli 2023. (Foto: Istimewa)

Siantar - Kapolda Sumatra Utara (Sumut) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak berpesan kepada Kapolres Pematang Siantar yang baru, AKBP Yogen Heroes Baruno, untuk menjaga Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani baik-baik.

Irjen Panca juga meminta AKBP Yogen untuk tidak menyakiti hati masyarakat Siantar.

Pesan itu disampaikan Panca dalam sambutannya saat menghadiri acara Peletakan Baru Pertama Renovasi Gedung Utama Polres Pematang Siantar, Senin, 10 Juli 2023.

Setibanya di Kota Siantar, Kapolda Sumut disambut Susanti dan AKBP Yogen, di Lapangan Brimob Subden 2B Pematang Siantar.

Pada kegiatan peletakan batu pertama itu, turut hadir Kapolres Siantar yang lama, AKBP Fernando.

Susanti dalam sambutannya menerangkan, renovasi gedung Polres Siantar terlaksana berkat dorongan Irjen Panca. Ia mengatakan, sejak 47 tahun pembangunan Polres Siantar, ini kali pertama dilakukan renovasi

"Sehingga kalau kita melihat bentuk bangunannya, sudah lama dan memang harus segera direnovasi," tukasnya.

Lebih lanjut, dia menginformasikan bahwa Siantar dalam pencapaian pelayanan penilaian Kepatuhan Standard Pelayanan Publik oleh Ombudsman mengalami penurunan.

Jika tahun lalu berada di Zona Hijau, lanjutnya, saat ini di zona kuning. Namun bukan disebabkan Pemko ataupun kepolisian tidak melayani dengan baik, tetapi karena tempat pelayanan yang kurang memadai.

"Semoga dengan kegiatan ini nantinya kita bersama-sama dapat meningkatkan kinerja dan memperbaiki layout ruangan untuk pelayanan publik. Sehingga di tahun yang akan datang, kita kembali lagi berada di Zona Hijau," ujarnya.

Ia berharap, nantinya setelah renovasi selesai, akan memberikan tempat kerja bagi kepolisian. Sehingga dapat bekerja sebaik-baiknya, merasa nyaman karena ruangan sudah memadai.

"Semoga kerja sama antara Polres Siantar dengan Pemko yang selama ini sudah bersinergi dan berkolaborasi dengan sangat baik, dapat lebih kita tingkatkan lagi. Sehingga kita bisa bekerja bersama dan bergandeng tangan untuk membangun Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi tercapainya Pematang Siantar Bangkit dan Maju," katanya.

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dalam sambutannya menyampaikan, ketika acara serah terima jabatan (sertijab) Kapolres Siantar di Mapolda Sumut beberapa hari lalu, ia bertanya kepada kapolres yang lama, AKBP Fernando terkait proses renovasi tersebut.

"Karena itulah, tujuan kehadiran saya di sini ingin memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih, bukan hanya untuk peletakan batu pertama. Tetapi sebagai bentuk penghormatan kepada Pemko Siantar, terkhusus kepada Wali Kota Susanti Dewayani dan teman-teman dari DPRD yang telah membantu serta memberikan dukungan anggaran untuk renovasi gedung utama Mapolres Pematang Siantar," tutur Panca.

Lebih lanjut, ia membenarkan pernyataan wali kota terkait penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman, di mana Kota Siantar menjadi salah satu atensi di Sumut.

"Benar kata beliau, bukan hanya melayani, tetapi dukungan fasilitas yang dimiliki menjadi syarat penilaian untuk pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Kapolda juga meminta untuk meninggalkan masa lalu yang membuat pelayanan tidak maksimal.

"Sekarang harus lebih maju dalam memberikan pelayanan, salah satunya menyiapkan fasilitas. Mudah-mudahan dengan pembangunan seperti yang telah dirancang, setidaknya dapat mewarnai pembaharuan wajah Kota Pematang Siantar, yang tentunya pada akhirnya bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Panca.

Selanjutnya, dia meminta kepada Kapolres Pematang Siantar yang baru, AKBP Yogen Heroes Baruno agar jangan pernah menyakiti masyarakat.

"Bangun terus komunikasi yang baik dan berkolaborasi serta bersinergi. Jaga baik-baik Ibu Wali Kota Susanti Dewayani," pesan Panca.

Tampak hadir, Kasubbag Rapplinetik Bag Rapkum Robankum Divkum Polri, Kajari Pematang Siantar Jurist Pricesely Sitepu, Ketua MUI Kota Pematang Siantar HM Ali Lubis, dan Forkopimda.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya