News Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:08

Peserta Jamnas XI Dilatih Internet Sehat

Lihat Foto Peserta Jamnas XI Dilatih Internet Sehat Ketua Kwarda Jawa Tengah Siti Atikoh menyambangi arena Kampung Digital pada Jambore Nasional XI di Bumi Perkemahan Cibubur. (Foto: Opsi/Diskominfo Jateng).
Editor: Yohanes Charles

Jakarta – Ketua Kwarda Jawa Tengah Siti Atikoh menyambangi arena Kampung Digital pada Jambore Nasional XI di Bumi Perkemahan Cibubur, Kamis 18 Agustus 2022. Kepada peserta dari seluruh Indonesia, Atikoh berpesan untuk menebarkan virus positif di dunia maya.

Kampung Digital pada arena Jamnas XI diisi dengan berbagai pelatihan. Satu di antaranya, pelatihan internet sehat yang diadakan oleh Saka Milenial atau Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informatika.

Saka Milenial, dibentuk oleh Kwarda Jateng, khusus untuk mewadahi pandega dan penegak yang getol dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Kedatangan Atikoh, disambut meriah bukan saja dari kontingen Jawa Tengah. Tampak kontingen dari Jambi, NTB, Sumatera Barat, dan Jawa Barat pun antusias. Setibanya di lokasi, Ketua Kwarda Jateng langsung memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta pelatihan digital.

Baca juga: Tim Ekspedisi Cirebon-Bandung Disambut Bupati dan Wabup Sumedang

Ia mengatakan, jambore nasional yang kali ini digelar merupakan lahan praktik berbagai keterampilan, yang telah diperoleh dari Pramuka. Atikoh menyebut, Pramuka mengajarkan berbagai keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kecakapan digital.

“Nah inilah ajang bagi kita untuk dapat menyebarkan virus positif di media sosial. Juga jangan sebar informasi penting (privasi) di media sosial, misalnya status dan sebagainya. Kalau kita dicurhati orang, jangan disebar ke orang umum. Kita harus banjiri (dunia maya) dengan sesuatu yang positif,” ujar Atikoh.

Selain pada diri sendiri, ia mengajak keterampilan yang diperoleh di Jamnas XI ditebar kepada orang lain. Terlebih, dalam Saka Milenial, para anggotanya dilatih untuk menjadi agen penghalau berita negatif atau hoaks.

“Karena di Pramuka pendidikan karakter dilatih. Diberi kegiatan positif sebagai bekal kepemimpinan. Mungkin sekarang belum terasa, tapi di kemudian hari ketika jadi leader, kita semua sudah siap,” imbuhnya.

Baca juga: Sebanyak 150 Orang Suporter Arema FC Tiba di Kota Parepare

Peserta Jamnas XI asal NTB Nabila mengaku antusias mengikuti acara tersebut. Ia menyebut akan menularkan ilmu yang didapatnya ke Gugus Depannya di Kwarcab Bima.

“Nanti ilmu yang saya dapatkan di sini, seperti internet akan saya aplikasikan ke Gudep saya, dan ke sekolahan saya,” ujarnya.

Senada, peserta dari Sumatera Barat Sondang mendapat banyak ilmu saat mengikuti kelas di Kampung Digital.

“Tadi dapat ilmu soal tidak boleh membeberken identitas privasi, juga pelatihan membuat website mandiri,” pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya