Daerah Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:08

Petani Lembah Sabil Abdya Mulai Gunakan Badan Jalan Program TMMD

Lihat Foto Petani Lembah Sabil Abdya Mulai Gunakan Badan Jalan Program TMMD Kondisi badan jalan arah pegunungan program TMMD Kodim 0110 Abdya. (Foto:Opsi/Syamsurizal)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh barat daya - Petani Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh mulai menggunakan badan jalan yang dikerjakan personel Kodim 0110 Abdya melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-114 Kodim 0110.

Abdul Bin Usman, petani Desa Kaye Aceh Kecamatan Lembah Sabil mengatakan sejak dua hari terakhir dirinya bersama sejumlah petani lainnya sudah menggunakan akses jalan yang dibuka TNI untuk menuju perkebunan.

"Sudah beberapa hari ini kami menggunakan jalan ini. Terasa sudah dekat dan enak dilalui," kata Abdul, Rabu, 10 Agustus 2022.

Dia berujar, sebelum jalan ini dibuka oleh TNI melalui program TMMD dirinya dan petani lain kesusahan untuk pergi ke kebun karena jalan yang terjal dan berisiko.

"Apalagi membawa hasil panen, pasti sangat berisiko karena jalan tidak ada. Kami hanya melalui jalan setapak dengan beban hasil panen kami gendong," ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Ismail. Kata dia, pasca jalan ini dibuka dirinya sudah tidak lagi berjalan kaki untuk ke kebun di pegunungan, sebab sudah bisa menggunakan kendaraan.

"Sudah pakai honda (sepeda motor) saya. Kalau dulu ampun, jangan dicerita, penuh perjuangan kami," sebutnya.

Dia mengucapkan terima kasih untuk Kodim 0110 Abdya yang mau memperhatikan petani di Lembah Sabil dengan membuka jalan pegunungan dan banyak menitik beratkan kegiatan TMMD ke desanya.

"Terima kasih bapak Kodim. Terima kasih anggota kodim dan terima kasih Pemerintah Abdya," katanya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya