News Kamis, 09 Desember 2021 | 12:12

Pilar Kereta Cepat Tiban Ekskavator, Bos KCIC Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

Lihat Foto Pilar Kereta Cepat Tiban Ekskavator, Bos KCIC Pastikan Tak Ada Korban Jiwa Pier KCJB Jatuh menimpa ekskavator (Twitter/AlBurhanCenter)

Jakarta - Presiden Director PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ambruknya pier (pilar) di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang menimpa ekskavator.

Menurut Slamet, operator yang menjalankan ekskavator berhasil menyelamatkan diri sesaat sebelum pilar beton itu menimpa alat berat tersebut.

Atas kejadian ini, pihaknya langsung memanggil kontraktor untuk memberikan teguran agar semua pekerjaan dilakukan dengan Standard Operational Procedure (SOP) yang sudah ditetapkan oleh Tim Engineering dan SSHE agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari.

Hingga kini, lanjutnya, Tim Kontruksi dan SSHE PT KCIC tengah menginvestigasi kasus ambruknya pilar KCJB serta berkoordinasi dengan semua pihak yang bekerja pada Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut, agar ke depannya harus lebih memerhatikan SOP Konstruksi.

Slamet berujar, hasil dari investigasi itu nantinya akan langsung dilaporkan kepada tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) dan Komite Keselamatan Konstruksi (K2K) Kementerian PUPR.

"Kami juga langsung berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait dengan proyek KCJB untuk lebih memerhatikan keselamatan kerja dan melaksanakan SOP sebaik mungkin,” ujar dia dalam keterangannya yang diterima wartawan, dikutip Opsi di Jakarta, Kamis, 9 Desember 2021.

Adapun sertifikasi desain dan fungsional pier KCJB dilakukan oleh Tim KKJTJ Kementerian PUPR termasuk di dalamnya tunnel dan jembatan, untuk memastikan kelaikan desain dan fungsi sesuai standar yang berlaku. Kemudian, usia teknis kontruksi KCJB didesain untuk umur kontruksi 100 tahun.

Seperti diketahui, sebuah video kecelakaan kerja saat pembongkaran pier (pilar) di proyek KCJB viral di media sosial sejak Rabu malam, 8 Desember 2021. Dalam video tersebut terlihat, kecelakaan terjadi saat pier KCJB itu diangkat oleh eskavator lalu jatuh dan menimpa alat berat tersebut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya