News Rabu, 07 Desember 2022 | 07:12

Pimpinan DPR: Kita Akan Rapat Paripurna Khusus Pengesahan Panglima TNI

Lihat Foto Pimpinan DPR: Kita Akan Rapat Paripurna Khusus Pengesahan Panglima TNI Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus mengatakan bahwa DPR akan menggelar rapat paripurna dengan agenda khusus mengesahkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa.

"Kita akan Rapat Paripurnakan khusus untuk pengesahan Panglima TNI dalam waktu dekat. Jadi acara tunggal hanya untuk pengesahan Panglima TNI, acara tunggal," kata Lodewijk kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 6 Desember 2022.

Dia mengungkapkan, setidaknya ada dua kali rapat paripurna yang akan dilaksanakan menjelang masa reses pada pertengahan Desember 2022 ini.

Kedua rapat paripurna tersebut yakni pengesahan pertimbangan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono menjadi Panglima TNI dan pidato penutupan Masa Sidang II Tahun Sidang 2022-2023 yang disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Insya Allah kita masih ada dua paripurna lagi ya," ujarnya.

Kendati demikian, Politisi dari Fraksi Golkar ini belum bisa memastikan waktu pelaksanaan rapat paripurna khusus untuk pengesahan Panglima TNI.

Sebelumnya, pada rapat internal Komisi I DPR RI menyetujui KSAL Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa, Jumat, 2 Desember 2022.

Kesepakatan itu diputuskan setelah Laksamana Yudo Margono menjalani rangkaian uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI.

Baca juga: Komisi I DPR RI Sepakat Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Baca juga: Jenderal Andika Tak Dampingi KSAL Jalani Uji Kelayakan Calon Panglima TNI di DPR RI

Rapat Internal Komisi I DPR RI ini juga sekaligus menyetujui pemberhentian Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya