Daerah Rabu, 08 Juni 2022 | 18:06

Pimpinan Ponpes Dukungan Irjen Agung Makbul Jabat Pj Gubernur Aceh

Lihat Foto Pimpinan Ponpes Dukungan Irjen Agung Makbul Jabat Pj Gubernur Aceh Irjen Pol Dr. Agung Makbul. (Foto:Opsi/istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Dukungan dari Provinsi Aceh untuk Irjen Pol Dr. Agung Makbul sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, menggantikan Nova Iriansyah yang akan berakhir pada, 5 Juni 2022 terus mengalir.

Kali ini dari Pimpinan Pondok Pesantren Buket Eqra Al Haramen (BAQA) di Tumpok Ladang-Pasie Teungoh, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, Drs Tgk Harmen Nuriqmar.

"Kita mendukung sepenuhnya seorang Negarawan yang mempunyai latar belakang Perwira Kepolisian yakni Agung Makbul untuk dijadikan Sebagai PJ. Gubernur Aceh," kata Harmen di Pondok Pesantren BAQA seperti dalam keterangannya, Selasa, 7 Juni 2022.

Dia mengatakan, sosok yang pantas untuk memimpin Aceh dalam selama kurang lebih 2,5 tahun ke depan adalah orang yang berjiwa idealisme dan profesional.

Kendati sejumlah nama mencuat dan dianggap layak memimpin Daerah Istimewa Aceh yang memiliki otonomi khusus, namun belakangan ini muncul pula nama baru yakni Irjen Pol. Dr. Agung Makbul.

"Sehingga banyak kalangan masyarakat mulai bicara dan kita yakin bahwa ia layak sebagai PJ," ujarnya.

Menurutnya, untuk pengganti jabatan Gubernur Aceh sebagai PJ, perlu step by step (selangkah demi selangkah) melihat kriteria seorang pemimpin layak dan pantas memimpin daerah Aceh.

Karena, kata dia, ada tiga aspek anatomi Aceh yang terdiri dari Otonomi Khusus, Aceh Daerah Konflik, Aceh Syariat Islam dan itu ada pada pendirian komitmennya Agung Makbul untuk mendorong dan mengatur tiga aspek tersebut di Provinsi Aceh agar lebih progresif.

"Apalagi ia seorang sekjend Satgas Saber Pungli. Kita harus melihat kriteria seorang pemimpin yang mencintai tanah air bahkan peduli terhadap masyarakat, berpendirian agamis dan itu ada pada sosok Agung Makbul," sebutnya.

Kata dia, ada beberapa alasan mengapa Agung Makbul layak sebagai Pemimpin Aceh. Utamanya karna beliau pernah mengatur dan mengatasi pengamanan di beberapa daerah Provinsi Aceh saat masa konflik, beliau juga bergaris keturunan ulama, religius dan agamis hingga mengetahui syariat Islam.

"Apalagi beliau berjabat sebagai Sekretaris Saber Pungli RI dan Staff Ahli Menko Polhukam. Maka kami berharap kepada Presiden RI agar dapat menentukan PJ Gubernur Aceh dengan sosok pemimpin yang memikirkan kepentingan rakyat, peduli terhadap masyarakat, berpikir secara universal demi kemajuan syariat Islam di Aceh," katanya.

Lantas siapa sosok Agung Makbul. Agung Makbul saat ini menjabat sebagai Staff Ahli Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Poluhukam), bidang Ideologi dan konstitusi, ia merupakan Kelahiran asal Cirebon 6 Mei 1964.

Pria asal Cirebon tersebut memulai karir di kepolisian RI pada tahun 1987 menyandang pangkat sebagai Letnan Dua (LETDA) hingga kekinian menyandang pangkat sebagai Inspektur Jenderal (IRJEN) Kepolisian Republik Indonesia.

Dalam kariernya, ia merintis di berbagai jabatan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), mulai Tahun 2022 hingga Tahun 2019 dan ia juga tercatat sebagai Dosen Studi Pascasarjana (S2) pada Tahun 2017 hingga Tahun 2020.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya