Daerah Rabu, 10 Januari 2024 | 21:01

Pisah Sambut Dandenpom, Susanti: Siantar Kota yang Selalu Menjunjung Tinggi Toleransi

Lihat Foto Pisah Sambut Dandenpom, Susanti: Siantar Kota yang Selalu Menjunjung Tinggi Toleransi Pisah sambut Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpom) I/1 Siantar, Rabu, 10 Januari 2024. (Foto: Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani mengucapkan terima kasih kepada Letkol CPM Junilham Sitorus atas kerja sama dan dukungannya selama menjabat sebagai Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpom) I/1 Siantar. 

Susanti juga mengucapkan selamat datang kepada Mayor CPM Irawan sebagai Dandenpom I/1 Siantar, menggantikan Letkol CPM Junilham Sitorus.

Ucapan tersebut disampaikan Susanti, diwakili Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Happy Oikumenis Daely, saat menghadiri acara pisah sambut dari Letkol CPM Junilham Sitorus kepada Mayor CPM Irawan, di Aula Mako Denpom, Jalan Diponegoro, Rabu, 10 Januari 2024.

"Semoga Pak Irawan selama di Siantar merasa betah dan merasakan kehangatan dari masyarakat Siantar. Siantar ini kota yang sejuk dan kota yang selalu menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama, suku adat, dan budaya," kata Susanti.

Junilham Sitorus dalam sambutannya menerangkan, selama bertugas di Siantar selama 2 tahun kurang 3 hari, semuanya berjalan baik.

"Kami dibimbing oleh Bapak Danrem dan selalu berkoordinasi dengan para Forkopimda lainnya. Sehingga jajaran Korem 022/Pantai Timur ini aman, tertib, dan lancar," ujar Junilham.

Sepengalamannya, Siantar adalah tempat yang nyaman. Udaranya sejuk dan koordinasi dengan Forkopimda berjalan baik.

"Denpom I/1 Siantar seperti rumah kami. Pasukan Denpom I/1 Siantar ini anggotanya hebat-hebat. Kenapa hebat saya bilang, karena selama dua tahun ini, satu pelanggaran pun tidak ada. Itu semua berkat kerja sama dan kolaborasi kita semua, terutama dengan pemuka-pemuka agama," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengungkapkan bahwa dirinya ditugaskan sebagai Dandenpom I/3 Pekanbaru, menggantikan Mayor CPM Irawan yang sekarang ini bertugas menjadi Dandenpom Siantar.

"Jadi kami hanya bertukar tempat saja," tukasnya.

Merespons itu, Dandenpom Siantar yang baru, Mayor CPM Irawan membenarkan bahwa merekan hanya bertukar tempat tugas.

"Beliau menggantikan saya sebagai Komandan Denpom Pekanbaru. Saya bertugas di Pekanbaru kurang lebih 2 tahun 18 hari 6 jam. Dan sekarang saya ditugaskan menjadi Komandan Denpom Siantar," ucap Irawan.

Sementara itu, Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Agustatius Sitepu dalam sambutannya mengatakan, wilayah tugas Denpom Siantar sama dengan wilayah tugas Korem 022/Pantai Timur.

"Memang benar yang diucapkan Mayor CPM Junilham Sitorus, bahwa beliau selama menjabat di sini tidak ada pelanggaran dan Denpom memang betul selama ini bekerja dengan baik. Untuk itu kita apresiasi bersama," kata Agustatius.

Ia juga menyampaikan, Denpom Siantar adalah perpanjangan tangan dari Kabalak Aju Kodam 1/Bukit Barisan untuk melaksanakan fungsi kepolisian militer di wilayah Garnisun Korem 022/Pantai Timur.

"Jadi memang tugasnya sangat berat. Kalau boleh dibilang perpanjangan tangan Korem, terlebih bagi saya. Karena bagaimanapun juga saya tidak bisa bekerja sendiri," ujar Agustatius.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya