Daerah Kamis, 24 November 2022 | 16:11

Pj Bupati Abdya: Aparatur Desa Ujung Tombak Kemajuan Daerah

Lihat Foto Pj Bupati Abdya: Aparatur Desa Ujung Tombak Kemajuan Daerah Pj bupati Abdya, Darmansah saat memberikan sambutan. (Foto: Opsi/Syamsurizal).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, Darmansah mengatakan bahwa aparatur desa merupakan ujung tombak kemajuan sebuah daerah.

"Aparatur desa menjadi pelaku utama dalam pembangunan dan kemajuan suatu daerah," kata Pj bupati Darmansah.

Hal ini dikatakan saat membuka pelatihan Sistim Informasi Gampong (SIGAP) yang berlangsung di aula kantor Bapedda setempat dan diikuti oleh aparatur dan para camat, Kamis, 24 November 2022.

Jika aparatur desa menjadi pelaku utama, kata Darmansah, sedangkan kecamatan dan kabupaten hanya menjadi pendorong, memfasilitasi kemandirian gampong (desa).

"Wujud dari majunya suatu daerah itu semua berawal dari tingkat pemerintah paling kecil, yaitu pemerintah desa. Kami selaku Pemerintah Abdya mendukung dan menyambut baik kegiatan ini," ucapnya.

Diharapkan, melalui pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat dan aparatur desa ini nantinya dapat diperoleh output yang mampu meningkatkan peran dan fungsi dari masing-masing aparatur dan masyarakat dalam percepatan pembangunan daerah.

"Khususnya dalam bidang percepatan informasi yang ada di desa dengan memanfaatkan media sosial," sebutnya.

Kata Pj, perlu di pahami bersama bahwa, agenda pembaharuan dan kemandirian desa sudah menjadi prioritas dalam pembangunan daerah.

Peranan pemerintah desa menjadi sangat penting bagi perbaikan pelayanan terhadap masyarakat.

Menurutnya, tentu sudah kita ketahui bahwa, Kabupaten Abdya memiliki 152 desa dari 9 Kecamatan yang ada.

Dari jumlah tersebut tentu memiliki tingkatan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur desa yang berbeda antara satu desa dengan desa yang lainnya.

"Kita ketahui bahwa ada beberapa desa yang dipimpin oleh pejabat baru sehingga tentu masih banyak kelemahan dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala desa," terangnya.

Maka, lanjut Pj, berdasarkan hal tersebut, maka melalui pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat dan aparatur desa tentang Literasi dan Pemanfaatan Sosial Media untuk penerapan SIGAP) ini, diharapkan kepada para peserta pelatihan yang mewakili seluruh desa untuk dapat mengikuti kegiatan ini fokus dan sungguh-sungguh.

"Sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan dapat tercapai, dan Kabupaten Abdya nantinya mampu menjalankan SIGAP dengan baik, agar keterbukaan informasi dari setiap desa dapat kita wujudkan," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya