Daerah Senin, 26 September 2022 | 19:09

Pj Bupati Abdya Lantik Lima Anggota Baitul Mal

Lihat Foto Pj Bupati Abdya Lantik Lima Anggota Baitul Mal Pelantikan anggota Baitul Mal Abdya, periode 2022/27. (Foto: Opsi/Syamsurizal)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, H. Darmansah melantik lima anggota Baitul Mal periode 2022-2027 di lantan utama Masjid Agung Abdya, Senin, 26 September 2022.

Mereka yang dilantik yakni, Wahyudi Satria, Asmaul Husna, Salman Syarif, Zulbaili dan Teungku Samsul Qamar. 

Pelantikan itu sesuai keputusan Bupati Abdya, Nomor 745 Tahun 2022 tentang Pengangkatan dan Penetapan Badan Baitul Mal Kabupaten Abdya Masa Jabatan 2022-2027.

Pj Bupati Abdya, Darmansah dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada ketua beserta anggota badan Baitul Mal Abdya yang baru dilantik dan diambil sumpah.

Darmansah mengingatkan agar para anggota Badan Baitul Mal dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan mampu meningkatkan profesionalitas serta menjaga kredibilitas Baitul Mal yang selama ini telah menjadi kepercayaan masyarakat dalam menyalurkan zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

"Terima kasih dan penghargaan juga kami sampaikan kepada pengurus-pengurus terdahulu yang telah bekerja keras dalam mengumpulkan dan menyalurkan zakat kepada masyarakat yang membutuhkannya. Dan kami merasa bangga kepada saudara-saudari yang telah mampu membangun dan menjaga citra lembaga ini dari awal pembentukannya hingga masa sekarang. Semoga segala usaha dan kerja keras selama ini mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT," kata Darmansah.

Ia menerangkan, sebagai implementasi dari Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat dan Undang-Undang Nomor 44 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Keistimewaan Aceh, juga Qanun Nomor 7 tahun 2004 tentang Pengelolaan Zakat, Baitul Mal mempunyai tugas atau fungsi untuk mengurus semua jenis harta umat Islam, seperti zakat, infak, sedekah, hibah dan wakaf.

"Peran dan fungsi dari Baitul Mal sangat penting, karena lembaga ini tidak hanya berperan dalam menghimpun zakat, infak dan sedekah saja, tetapi lembaga ini juga berfungsi untuk menyimpan dan menyalurkan harta yang telah terkumpul kepada pihak yang berhak menerimanya atau mustahak," ujarnya.

Dengan demikian, katanya, Baitul Mal seperti yang ada di Kabupaten Abdya ini mempunyai tugas sebagai sebuah lembaga atau pihak yang menangani harta agama, baik pendapatan maupun pengeluaran yang digunakan atau disalurkan semata-mata untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, sesuai dengan senif yang telah ditentukan.

"Sejak pertama berdiri sampai sekarang, Baitul Mal Abdya telah banyak mengumpulkan ZIS serta telah banyak pula program-program yang telah berhasil dilakukan dalam upaya menyalurkannya kepada yang berhak," tuturnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Sekda Salman Alfarisi, Wakil Ketua I DPRK Abdya Syarifuddin, Waka Polres, mewakili Dandim, Kepala Kemenag Abdya, Salman Alfarisi, para kepala SKPK dan tamu undangan lainnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya