Daerah Senin, 22 Agustus 2022 | 14:08

Pj Bupati Abdya Tinjau Lokasi Banjir di Desa Blang Padang

Lihat Foto Pj Bupati Abdya Tinjau Lokasi Banjir di Desa Blang Padang Pj Bupati Abdya, H. Darmansah saat melakukan tinjauan lokasi banjir. (Foto:Opsi/istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, H. Darmansah meninjau lokasi aliran sungai yang tersumbat di Dusun Timur Jati, Desa Blang Padang, Kecamatan Tangan-Tangan, Minggu malam, 21 Agustus 2022, sekira pukul 21:30 WIB.

Tinjauan ini dilakukan Pj Darmansah bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK), Armayadi, Kadis Sosial, Yusan Sulaidi, Camat Tangan-tangan dan sejumlah petugas BPBK Abdya lainnya.

Informasi yang didapat banjir yang mengepung dua desa di daerah itu yakni Desa Padang Kawa dan Desa Blang Padang, imbas dari pendangkalan dan tersumbatnya aliran sungai di daerah itu.

"Karena kita minta BPBK besok kerahkan alat berat untuk melakukan penanganan," kata Pj Darmansah.

Sementara di desa Padang Kawa, Kecamatan Tangan-tangan didapati kondisi aliran sungai sudah mengancam keberadaan Masjid. 

Pj Bupati Darmansah mengusulkan anggaran normalisasi dan pembangunan tanggul pengaman di daerah aliran sungai pada anggaran tahun 2023.

"Di samping itu, jembatan ini juga mesti dibangun kembali karena kondisi sudah tidak layak lagi," ujarnya.

Sebab, katanya, tiang tengah jembatan ini juga menjadi pemicu terjadinya banjir, sehingga meluap ke rumah warga dan mengikis tebing sungai hingga terjadinya erosi.

Darmansah berjanji, biaya normalisasi dan pembangunan tebing di aliran sungai tersebut akan dianggarkan pada tahun 2023 mendatang. Apalagi di desa itu Ketua DPRK Abdya bermukim.

"Jadi, kita berharap dukungan beliau agar normalisasi dan pembangunan tanggul di aliran sungai ini bisa terealisasi pada anggaran 2023," katanya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya