Daerah Minggu, 16 Oktober 2022 | 12:10

Pj Bupati dan Rombongan Tinjau Teluk Surin

Lihat Foto Pj Bupati dan Rombongan Tinjau Teluk Surin Pj Bupati Abdya saat berada di Teluk Surin. (Foto: Opsi/Syamsurizal.)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh Darmansah bersama unsur Forkopimkab dan para Kepala SKPK meninjau Gedung Akademi Komunitas Negeri (AKN) di Desa Cot Manee, Teluk Surin di Lama Tuha dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Lhok Gayo, Kecamatan Kuala Batee.

Dalam peninjauan itu, Pj Bupati Darmansah ditemani Ketua PDI Perjuangan Aceh, Muslahuddin Daud, Sabtu, 16 Oktober 2022.

Lokasi yang pertama ditinjau yakni gedung AKN yang sudah lama terbengkalai. Darmansah merencanakan akan memfungsikan gedung tersebut sebagai tempat rehabilitasi narkoba wilayah Pantai Barat Selatan Aceh.

"Nanti gedung ini akan kita fungsikan sebagai tempat rehabilitasi natkoba Pantai Barat Selatan Aceh, mulai dari Aceh Singkil hingga Aceh Jaya," kata Darmansah.

Setelah melakukan peninjauan gedung AKN, kemudian Pj Bupati Darmansah beserta rombongan meninjau Teluk Surin yang terletak di Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee. 

Darmansah yang baru pertama kali berkunjung ke wilayah itu merasa takjub dan kagum melihat kawasan yang begitu indah, apalagi sepanjang perjalanan dari Blangpidie menuju ke Surin yang menempuh perjalanan hampir 1,5 jam itu di penuhi hamparan pohon sawit milik warga Kabupaten Abdya.

Bukan saja Pj Bupati Abdya, tetapi Ketua PDI Perjuangan Aceh juga sangat terkejut dengan lokasi Teluk Surin dan kawasan lahan yang begitu luas tersebut.

Daerah yag dikunjungi itu sudah disiapkan oleh pemerintah sebelumnya sebagai rencana lokasi pembangunan pelabuhan dan pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) halal barsela

Untuk mendukung kawasan KEK halal barsela, seluruh dokumen sudah dirampungkan termasuk lahan yang dibebaskan juga sudah tersedia.

"Nanti akan kita lengkapi amdal, kemudian kita coba lobi-lobi ke pusat, mudah-mudahan ada investor yang mau membangun Tekuk Surin. Kalau dari ketersedian lahan dan potensi sudah cukup luar biasa, hanya saja bagaimana kita meyakinkan investor untuk ikut bersama kita membangun Teluk Surin ini," ujar Darmansah.

Sebelum menuju ke Teluk Surin, Pj bupati juga singgah di lahan pembibitan milik Pemkab Abdya. Kawasan lahan sawit itu sebelumnya digunakan untuk pembibitan sawit rakyat.

Setelah selesai di Teluk Surin, kemudian Pj Bupati Abdya bersama rombongan menyempatkan singgah di lokasi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik pemkab yang sudah lama terbengkalai.

Di sana, Darmansah beraama rombongan menyempatkan melihat lokasi yang sekarang digunakan warga sekitar untuk menanam jagung.

"Tempat yang awalnya direncanakan untuk PKS ini, kita rencanakan untuk tempat ternak ayam atau apa yang memungkinkan nantinya, karena kebutuhan telur sangat tinggi di Aceh. Nanti, kita lihat dulu peternakan yang sudah modern. Kalau dari bangunan, ini sangat mendukung. Terkait siapa yag akan mengelola nanti kita lihat. Kalau ada swasta yang ingin masuk, silahkan," kata Darmansah.

Setelah itu, Pj Bupati Abdya bersama rombongan singgah di Pukesmas Babahrot mengunjungi warga Pante Rakyat yang mengalami sakit berat pasca di pulangkan dari Tanjung Pinang, Kepulauan Riau usai di deportasi dari Malaysia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya